APA ITU SEO ? SEO merupakan sebuah teknik untuk menjadikan sebuah website atau blog mendapatkan posisi terbaik di Mesin Pencari seperti Google, Bing, dll. Sesuai dengan singkatan SEO yaitu Search Engine Optimization yaitu sebuah pengoptimalan situs pada mesin pencari.
Belajar lagi Tentang APA ITU SEO ? |
Selamat datang di Bloggues.com blog ini merupakan blog informasi apapun termasuk SEO untuk Anda yang ingin belajar seo lebih lanjut dan ingin dibimbing oleh praktisi yang sudah berpengalaman bisa mengunjungi web Mahirseo.net.
Jika Anda sudah memiliki pemahaman yang
kuat tentang SEO dan mengapa seo itu penting, Anda dapat meninggalkan halaman blog ini (meskipun kami masih akan merekomendasikan membaca artikel terbaik tentang seo dari
Google, Bing dan SE ( Search Engine) lainnya.
Oke untuk Anda yang ingin mengetahui lebih lanjut tentang SEO baca terus artikel ini karena disini saya akan menjelaskan lebih detail mengenai seo terutama seo dasar.
Dalam artikel ini saya akan coba membantu & membahas
dalam pengetahuan SEO dasar hanya untuk Anda sehingga bisa menambah
kepercayaan dan kemampuan Anda dibidang SEO.
Apa itu SEO?
SEO adalah singkatan dari Search Engine
Optimization atau artinya "optimisasi mesin pencari." Ini adalah serangkaian
teknik meningkatkan kualitas dan
kuantitas lalu lintas sebuah situs atau web, serta paparan terhadap merek Anda,
melalui hasil mesin penelusuran secara gratis atau tidak berbayar (yang juga
dikenal sebagai "organik").
Meskipun akronim, SEO adalah tentang orang
seperti halnya tentang mesin pencari itu sendiri. Ini tentang memahami apa yang
orang cari secara online, jawaban yang mereka cari, kata-kata yang mereka
gunakan, dan jenis konten yang ingin mereka konsumsi. Mengetahui jawaban atas
pertanyaan-pertanyaan ini akan memungkinkan Anda terhubung dengan orang-orang
yang mencari secara online untuk solusi yang Anda tawarkan.
Jika mengetahui maksud audiens Anda adalah
satu sisi dari koin SEO, menyampaikannya dengan cara yang dapat ditemukan dan
dipahami oleh perayap mesin pencari. Dalam panduan ini, harap pelajari cara
melakukan keduanya.
Apa arti kata itu?
Jika Anda mengalami masalah dengan salah
satu definisi dalam bab ini, pastikan untuk membuka glosari SEO kami untuk
referensi!
Lihatlah daftar istilah SEO
Dasar-dasar mesin pencari
Mesin pencari adalah mesin penjawab. Mereka
menjelajahi jutaan konten dan mengevaluasi ribuan faktor untuk menentukan
konten mana yang paling mungkin menjawab pertanyaan Anda.
Mesin pencari melakukan semua ini dengan
menemukan dan membuat katalog semua konten yang tersedia di Internet (halaman
web, PDF, gambar, video, dll.) Melalui proses yang dikenal sebagai
"perayapan dan pengindeksan," dan kemudian memesannya dengan seberapa
cocok dengan kueri dalam proses yang kami sebut sebagai "peringkat."
Kami akan membahas perayapan, pengindeksan, dan peringkat secara lebih rinci di
Bab 2.
Hasil pencarian mana yang "organik"?
Seperti yang kami katakan sebelumnya, hasil
pencarian organik adalah yang diperoleh melalui SEO yang efektif, tidak dibayar
(mis. Bukan iklan). Ini dulunya mudah dikenali - iklan diberi label yang jelas
dan hasil yang tersisa biasanya berupa "10 tautan biru" yang
tercantum di bawahnya. Tetapi dengan cara pencarian berubah, bagaimana kita
dapat melihat hasil organik hari ini?
Hari ini, halaman hasil mesin pencari -
sering disebut sebagai "SERP" - diisi dengan lebih banyak format
iklan dan hasil organik yang lebih dinamis (disebut "fitur SERP")
daripada yang pernah kita lihat sebelumnya. Beberapa contoh fitur SERP adalah
cuplikan fitur (atau kotak jawaban), kotak People juga Ask, carousel gambar,
dll. Fitur SERP baru terus muncul, sebagian besar didorong oleh apa yang dicari
orang.
Misalnya, jika Anda mencari "cuaca
Denver," Anda akan melihat perkiraan cuaca untuk kota Denver langsung di
SERP alih-alih tautan ke situs yang mungkin memiliki perkiraan itu. Dan, jika
Anda mencari "pizza Denver," Anda akan melihat hasil "paket
lokal" yang terdiri dari tempat pizza Denver. Nyaman bukan?
Penting untuk diingat bahwa mesin pencari
menghasilkan uang dari iklan. Tujuan mereka adalah untuk lebih baik memecahkan
permintaan pencari (dalam SERP), untuk membuat pencari kembali, dan untuk
menjaga mereka pada SERP lebih lama.
Beberapa fitur SERP di Google bersifat
organik dan dapat dipengaruhi oleh SEO. Ini termasuk cuplikan unggulan (hasil
organik yang dipromosikan yang menampilkan jawaban di dalam kotak) dan
pertanyaan terkait (a.k.a. kotak "Orang-Orang Juga Bertanya").
Perlu dicatat bahwa ada banyak fitur
pencarian lain yang, meskipun mereka tidak dibayar iklan, biasanya tidak dapat
dipengaruhi oleh SEO. Fitur-fitur ini seringkali memiliki data yang diperoleh
dari sumber data eksklusif, seperti Wikipedia, WebMD, dan IMDb.
Apakah SEO itu penting?
Sementara iklan berbayar, media sosial, dan
platform online lainnya dapat menghasilkan lalu lintas ke situs web, sebagian
besar lalu lintas online didorong oleh mesin pencari.
Hasil pencarian organik mencakup lebih
banyak real estat digital, tampak lebih kredibel bagi pencari yang
berpengalaman, dan menerima lebih banyak klik daripada iklan berbayar.
Misalnya, dari semua pencarian di AS, hanya ~ 2,8% orang yang mengklik iklan
berbayar.
Singkatnya: SEO memiliki ~ 20X lebih banyak
peluang lalu lintas daripada PPC di ponsel dan desktop.
SEO juga merupakan satu-satunya saluran
pemasaran online yang, jika diatur dengan benar, dapat terus membayar dividen
seiring waktu. Jika Anda memberikan konten yang solid yang layak untuk diberi
peringkat untuk kata kunci yang tepat, lalu lintas Anda dapat bertambah seiring
waktu, sedangkan iklan membutuhkan dana terus menerus untuk mengirimkan lalu
lintas ke situs Anda.
Mesin pencari semakin pintar, tetapi mereka masih membutuhkan bantuan.
Mengoptimalkan situs Anda akan membantu
memberikan informasi yang lebih baik ke mesin pencari sehingga konten Anda
dapat diindeks dan ditampilkan dengan benar dalam hasil pencarian.
Haruskah saya menyewa seorang profesional,
konsultan, atau agensi SEO?
Tergantung pada bandwidth Anda, kemauan
untuk belajar, dan kompleksitas situs web Anda, Anda bisa melakukan beberapa
SEO dasar sendiri. Atau, Anda mungkin menemukan bahwa Anda lebih suka bantuan
ahli. Apa pun yang terjadi, tidak apa-apa!
Jika Anda akhirnya mencari bantuan ahli,
penting untuk mengetahui bahwa banyak agensi dan konsultan "menyediakan
layanan SEO," tetapi kualitasnya dapat sangat bervariasi. Mengetahui cara
memilih perusahaan SEO yang baik dapat menghemat banyak waktu dan uang, karena
teknik SEO yang salah sebenarnya dapat membahayakan situs Anda lebih daripada
yang akan mereka bantu.
Apa Itu White hat SEO vs Black hat SEO ?
"White hat SEO" mengacu pada
teknik SEO, praktik terbaik, dan strategi yang mematuhi aturan mesin pencari,
fokus utamanya untuk memberikan nilai lebih kepada orang-orang.
"Black hat SEO" mengacu pada
teknik dan strategi yang berupaya melakukan spam / menipu mesin pencari.
Meskipun black hat SEO dapat berfungsi, itu membuat situs web berisiko besar
terkena sanksi dan / atau tidak diindeks (dihapus dari hasil pencarian) dan
memiliki implikasi etis.
Situs web yang terkena sanksi telah
membangkrutkan bisnis Ini hanyalah alasan lain untuk sangat berhati-hati ketika
memilih pakar atau agensi SEO.
Mesin pencari berbagi tujuan yang sama
dengan industri SEO
Mesin pencari ingin membantu Anda sukses.
Bahkan, Google bahkan memiliki Panduan Starter Optimasi Mesin Pencari, seperti
Panduan Pemula! Mereka juga sangat mendukung upaya komunitas SEO. Konferensi
pemasaran digital - seperti Unbounce, MNsearch, SearchLove, dan MozCon milik
Moz - secara teratur menarik para insinyur dan perwakilan dari mesin pencari
utama.
Google membantu para webmaster dan SEO
melalui Forum Bantuan Pusat Webmaster dan dengan menyelenggarakan hangout jam
kantor secara langsung. (Bing, sayangnya, menutup Forum Webmaster mereka pada
tahun 2014.)
Meskipun pedoman webmaster bervariasi dari
mesin pencari ke mesin pencari, prinsip-prinsip yang mendasarinya tetap sama:
Jangan mencoba menipu mesin pencari. Alih-alih, berikan pengunjung Anda
pengalaman daring yang hebat. Untuk melakukan itu, ikuti pedoman mesin pencari dan
penuhi niat pengguna.
Panduan Webmaster Google
Prinsip dasar:
Buat halaman terutama untuk pengguna, bukan
mesin pencari.
Jangan menipu pengguna Anda.
Hindari trik yang dimaksudkan untuk
meningkatkan peringkat mesin pencari. Aturan praktis yang baik adalah apakah
Anda akan merasa nyaman menjelaskan apa yang telah Anda lakukan ke situs web
kepada karyawan Google. Tes lain yang bermanfaat adalah bertanya, "Apakah
ini membantu pengguna saya? Apakah saya akan melakukan ini jika mesin pencari
tidak ada?"
Pikirkan tentang apa yang membuat situs web
Anda unik, berharga, atau menarik.
Hal-hal yang harus dihindari:
Konten yang dihasilkan secara otomatis
Berpartisipasi dalam skema tautan
Membuat halaman dengan sedikit atau tanpa
konten asli (mis. Disalin dari tempat lain)
Cloaking - praktik menampilkan crawler
mesin pencari konten yang berbeda dari pengunjung.
Teks dan tautan tersembunyi
Laman doorway - halaman yang dibuat untuk
memberi peringkat baik untuk pencarian spesifik untuk mengarahkan lalu lintas
ke situs web Anda.
Adalah baik untuk menjadi sangat akrab
dengan Pedoman Webmaster Google. Luangkan waktu untuk mengenal mereka.
Pedoman Webmaster Bing
Prinsip dasar:
Pastikan Anda memenuhi syarat untuk
dimasukkan dalam indeks Google Bisnisku; Anda harus memiliki alamat fisik, bahkan
jika itu adalah alamat rumah Anda, dan Anda harus melayani pelanggan secara
langsung, baik di lokasi Anda (seperti toko ritel) atau di alamat mereka
(seperti tukang ledeng)
Jujur dan akurat mewakili semua aspek data
bisnis lokal Anda, termasuk nama, alamat, nomor telepon, alamat situs web,
kategori bisnis, jam operasi, dan fitur lainnya.
Hal-hal yang harus dihindari
Pembuatan daftar Google Bisnisku untuk
entitas yang tidak memenuhi syarat
Kesalahan penyajian informasi bisnis inti
Anda, termasuk “mengisi” nama bisnis Anda dengan kata kunci geografis atau
layanan, atau membuat daftar untuk alamat palsu
Gunakan kotak PO atau kantor virtual
alih-alih alamat jalan otentik
Penyalahgunaan bagian ulasan pada daftar
Google Bisnisku, melalui ulasan positif palsu dari bisnis Anda atau palsu
negatif dari pesaing Anda
Mahal, kesalahan pemula yang berasal dari
kegagalan untuk membaca detail halus dari pedoman Google.
SEO lokal, nasional, atau internasional?
Bisnis lokal akan sering ingin menentukan
peringkat untuk kata kunci niat lokal seperti "[layanan] + [dekat
saya]" atau "[layanan] + [kota]" untuk menangkap pelanggan
potensial yang mencari produk atau layanan di lokasi tertentu di yang mereka
tawarkan. Namun, tidak semua bisnis beroperasi secara lokal. Banyak situs web
yang tidak mewakili bisnis berbasis lokasi, tetapi malah menargetkan audiens di
tingkat nasional atau bahkan internasional. Waspadai lebih banyak lagi tentang
topik SEO lokal, nasional, dan internasional di Bab 4!
Memenuhi niat pengguna
Alih-alih melanggar pedoman ini dalam upaya
menjebak mesin pencari ke peringkat Anda lebih tinggi, fokuslah pada pemahaman
dan memenuhi maksud pengguna. Ketika seseorang mencari sesuatu, mereka memiliki
hasil yang diinginkan. Baik itu jawaban, tiket konser, atau foto kucing, konten
yang diinginkan adalah "niat pengguna" mereka.
Jika seseorang melakukan pencarian untuk
"band," apakah niat mereka untuk menemukan band musikal, band
pernikahan, gergaji band, atau yang lainnya?
Tugas Anda sebagai Ahli SEO adalah menyediakan
konten yang diinginkan dengan cepat kepada pengguna dalam format yang
diinginkan.
Jenis niat pengguna umum:
Informasi: Mencari informasi. Contoh:
"Apa jenis laptop terbaik untuk fotografi?"
Navigasi: Mencari situs web tertentu.
Contoh: "Apple"
Transaksional: Mencari untuk membeli
sesuatu. Contoh: "penawaran bagus untuk MacBook Pro"
Anda bisa mendapatkan sedikit intensi
pengguna dengan Googling kata kunci yang Anda inginkan dan mengevaluasi SERP
saat ini. Misalnya, jika ada korsel foto, sangat mungkin orang yang mencari
kata kunci itu mencari foto.
Juga evaluasi konten apa yang disediakan
pesaing tingkat atas yang Anda tidak miliki saat ini. Bagaimana Anda bisa
memberikan nilai 10X di situs web Anda?
Memberikan konten yang relevan dan
berkualitas tinggi di situs web Anda akan membantu Anda peringkat lebih tinggi
dalam hasil pencarian, dan yang lebih penting, itu akan membangun kredibilitas
dan kepercayaan dengan audiens online Anda.
Sebelum Anda melakukan semua itu, Anda
harus terlebih dahulu memahami tujuan situs web Anda untuk menjalankan rencana
SEO strategis.
Ketahui tujuan situs web / klien Anda
Setiap situs web berbeda, jadi luangkan
waktu untuk benar-benar memahami tujuan bisnis situs tertentu. Ini tidak hanya
akan membantu Anda menentukan area SEO mana yang harus Anda fokuskan, di mana
untuk melacak konversi, dan cara menetapkan tolak ukur, tetapi juga akan
membantu Anda membuat poin pembicaraan untuk menegosiasikan proyek SEO dengan
klien, bos, dll.
Apa KPI Anda (Indikator Kinerja Utama)
untuk mengukur pengembalian investasi SEO? Lebih sederhana, apa barometer Anda
untuk mengukur keberhasilan upaya pencarian organik Anda? Anda harus
mendokumentasikannya, meskipun sederhana:
Untuk situs web ____________, SEO utama
saya adalah ____________.
Berikut adalah beberapa contoh umum untuk
membantu Anda memulai:
- Penjualan
- Unduhan
- Pendaftaran email
- Pengiriman formulir kontak
- Panggilan telepon
Dan jika bisnis Anda memiliki komponen
lokal, Anda juga bisa menambahkan bisnis Anda ke dalam Google Bisnisku. Ini juga termasuk:
- Klik untuk menelepon
- Klik-ke-situs web
- Petunjuk arah klik untuk mengemudi
Anda mungkin telah memperhatikan bahwa
hal-hal seperti "peringkat" dan "lalu lintas" tidak ada
dalam daftar.
"Tapi tunggu dulu!" Katamu.
"Saya datang ke sini untuk belajar tentang SEO karena saya dengar itu bisa
membantu saya menentukan peringkat dan mendapatkan lalu lintas, dan Anda
memberi tahu saya tujuan-tujuan penting itu?"
Tidak semuanya! Anda telah mendengar dengan
benar. SEO dapat membantu peringkat situs web Anda lebih tinggi dalam hasil
pencarian dan akibatnya mengarahkan lebih banyak lalu lintas ke situs web Anda,
hanya saja peringkat dan lalu lintas adalah sarana untuk mencapai tujuan. Ada
sedikit penggunaan dalam peringkat jika tidak ada yang mengklik ke situs Anda,
dan ada sedikit digunakan dalam meningkatkan lalu lintas Anda jika lalu lintas
itu tidak mencapai tujuan bisnis yang lebih besar.
Misalnya, jika Anda menjalankan situs pembuatan timbal, apakah Anda lebih suka memiliki:
- 1.000 pengunjung bulanan dan 3 orang mengisi formulir kontak? Atau...
- 300 pengunjung bulanan dan 40 orang mengisi formulir kontak?
Jika Anda menggunakan SEO untuk mengarahkan
lalu lintas ke situs Anda untuk tujuan konversi, kami harap Anda memilih yang
terakhir! Sebelum memulai SEO, pastikan Anda telah menetapkan tujuan bisnis
Anda, kemudian gunakan SEO untuk membantu Anda mencapainya - bukan sebaliknya.
SEO mencapai jauh lebih banyak daripada
metrik kesombongan. Ketika dilakukan dengan baik, ini membantu bisnis nyata
mencapai tujuan nyata untuk kesuksesan mereka.
Pelajari lebih lanjut tentang menentukan
strategi dan menetapkan tujuan bisnis, pemasaran, dan SEO dalam private seo bersama Mahirseo.net belajar seo secara private waktu flexible dan dibimbing langsung oleh pakar ahli seo yang sudah terbukti dan berpengalaman.
Comments
Post a Comment
Silahkan berkomentar dengan bahasa yang sopan dan juga relevan dengan tema artikel yang ditulis. Tidak diperkenankan untuk spaming. Terimakasih.