Belajar lagi Tentang APA ITU SEO ?


APA ITU SEO ? SEO merupakan sebuah teknik untuk menjadikan sebuah website atau blog mendapatkan posisi terbaik di Mesin Pencari seperti Google, Bing, dll. Sesuai dengan singkatan SEO yaitu Search Engine Optimization yaitu sebuah pengoptimalan situs pada mesin pencari.

Belajar lagi Tentang APA ITU SEO ?
Belajar lagi Tentang APA ITU SEO ?


Selamat datang di Bloggues.com blog ini merupakan blog informasi apapun termasuk SEO untuk Anda yang ingin belajar seo lebih lanjut dan ingin dibimbing oleh praktisi yang sudah berpengalaman bisa mengunjungi web Mahirseo.net.


Jika Anda sudah memiliki pemahaman yang kuat tentang SEO dan mengapa seo itu penting, Anda dapat meninggalkan halaman blog ini (meskipun kami masih akan merekomendasikan membaca artikel terbaik tentang seo dari Google, Bing dan SE ( Search Engine) lainnya.

Oke untuk Anda yang ingin mengetahui lebih lanjut tentang SEO baca terus artikel ini karena disini saya akan menjelaskan lebih detail mengenai seo terutama seo dasar.

Dalam artikel ini saya akan coba membantu & membahas dalam  pengetahuan SEO dasar hanya untuk  Anda sehingga bisa menambah kepercayaan dan kemampuan Anda dibidang SEO.

Apa itu SEO?


SEO adalah singkatan dari Search Engine Optimization atau artinya "optimisasi mesin pencari." Ini adalah serangkaian teknik  meningkatkan kualitas dan kuantitas lalu lintas sebuah situs atau web, serta paparan terhadap merek Anda, melalui hasil mesin penelusuran secara gratis atau tidak berbayar (yang juga dikenal sebagai "organik").

Meskipun akronim, SEO adalah tentang orang seperti halnya tentang mesin pencari itu sendiri. Ini tentang memahami apa yang orang cari secara online, jawaban yang mereka cari, kata-kata yang mereka gunakan, dan jenis konten yang ingin mereka konsumsi. Mengetahui jawaban atas pertanyaan-pertanyaan ini akan memungkinkan Anda terhubung dengan orang-orang yang mencari secara online untuk solusi yang Anda tawarkan.

Jika mengetahui maksud audiens Anda adalah satu sisi dari koin SEO, menyampaikannya dengan cara yang dapat ditemukan dan dipahami oleh perayap mesin pencari. Dalam panduan ini, harap pelajari cara melakukan keduanya.

Apa arti kata itu?


Jika Anda mengalami masalah dengan salah satu definisi dalam bab ini, pastikan untuk membuka glosari SEO kami untuk referensi!

Lihatlah daftar istilah SEO


Dasar-dasar mesin pencari
Mesin pencari adalah mesin penjawab. Mereka menjelajahi jutaan konten dan mengevaluasi ribuan faktor untuk menentukan konten mana yang paling mungkin menjawab pertanyaan Anda.

Mesin pencari melakukan semua ini dengan menemukan dan membuat katalog semua konten yang tersedia di Internet (halaman web, PDF, gambar, video, dll.) Melalui proses yang dikenal sebagai "perayapan dan pengindeksan," dan kemudian memesannya dengan seberapa cocok dengan kueri dalam proses yang kami sebut sebagai "peringkat." Kami akan membahas perayapan, pengindeksan, dan peringkat secara lebih rinci di Bab 2.

Hasil pencarian mana yang "organik"?


Seperti yang kami katakan sebelumnya, hasil pencarian organik adalah yang diperoleh melalui SEO yang efektif, tidak dibayar (mis. Bukan iklan). Ini dulunya mudah dikenali - iklan diberi label yang jelas dan hasil yang tersisa biasanya berupa "10 tautan biru" yang tercantum di bawahnya. Tetapi dengan cara pencarian berubah, bagaimana kita dapat melihat hasil organik hari ini?

Hari ini, halaman hasil mesin pencari - sering disebut sebagai "SERP" - diisi dengan lebih banyak format iklan dan hasil organik yang lebih dinamis (disebut "fitur SERP") daripada yang pernah kita lihat sebelumnya. Beberapa contoh fitur SERP adalah cuplikan fitur (atau kotak jawaban), kotak People juga Ask, carousel gambar, dll. Fitur SERP baru terus muncul, sebagian besar didorong oleh apa yang dicari orang.

Misalnya, jika Anda mencari "cuaca Denver," Anda akan melihat perkiraan cuaca untuk kota Denver langsung di SERP alih-alih tautan ke situs yang mungkin memiliki perkiraan itu. Dan, jika Anda mencari "pizza Denver," Anda akan melihat hasil "paket lokal" yang terdiri dari tempat pizza Denver. Nyaman bukan?

Penting untuk diingat bahwa mesin pencari menghasilkan uang dari iklan. Tujuan mereka adalah untuk lebih baik memecahkan permintaan pencari (dalam SERP), untuk membuat pencari kembali, dan untuk menjaga mereka pada SERP lebih lama.

Beberapa fitur SERP di Google bersifat organik dan dapat dipengaruhi oleh SEO. Ini termasuk cuplikan unggulan (hasil organik yang dipromosikan yang menampilkan jawaban di dalam kotak) dan pertanyaan terkait (a.k.a. kotak "Orang-Orang Juga Bertanya").

Perlu dicatat bahwa ada banyak fitur pencarian lain yang, meskipun mereka tidak dibayar iklan, biasanya tidak dapat dipengaruhi oleh SEO. Fitur-fitur ini seringkali memiliki data yang diperoleh dari sumber data eksklusif, seperti Wikipedia, WebMD, dan IMDb.

Apakah SEO itu penting?


Sementara iklan berbayar, media sosial, dan platform online lainnya dapat menghasilkan lalu lintas ke situs web, sebagian besar lalu lintas online didorong oleh mesin pencari.

Hasil pencarian organik mencakup lebih banyak real estat digital, tampak lebih kredibel bagi pencari yang berpengalaman, dan menerima lebih banyak klik daripada iklan berbayar. Misalnya, dari semua pencarian di AS, hanya ~ 2,8% orang yang mengklik iklan berbayar.

Singkatnya: SEO memiliki ~ 20X lebih banyak peluang lalu lintas daripada PPC di ponsel dan desktop.

SEO juga merupakan satu-satunya saluran pemasaran online yang, jika diatur dengan benar, dapat terus membayar dividen seiring waktu. Jika Anda memberikan konten yang solid yang layak untuk diberi peringkat untuk kata kunci yang tepat, lalu lintas Anda dapat bertambah seiring waktu, sedangkan iklan membutuhkan dana terus menerus untuk mengirimkan lalu lintas ke situs Anda.

Mesin pencari semakin pintar, tetapi mereka masih membutuhkan bantuan.


Mengoptimalkan situs Anda akan membantu memberikan informasi yang lebih baik ke mesin pencari sehingga konten Anda dapat diindeks dan ditampilkan dengan benar dalam hasil pencarian.

Haruskah saya menyewa seorang profesional, konsultan, atau agensi SEO?
Tergantung pada bandwidth Anda, kemauan untuk belajar, dan kompleksitas situs web Anda, Anda bisa melakukan beberapa SEO dasar sendiri. Atau, Anda mungkin menemukan bahwa Anda lebih suka bantuan ahli. Apa pun yang terjadi, tidak apa-apa!

Jika Anda akhirnya mencari bantuan ahli, penting untuk mengetahui bahwa banyak agensi dan konsultan "menyediakan layanan SEO," tetapi kualitasnya dapat sangat bervariasi. Mengetahui cara memilih perusahaan SEO yang baik dapat menghemat banyak waktu dan uang, karena teknik SEO yang salah sebenarnya dapat membahayakan situs Anda lebih daripada yang akan mereka bantu.

Apa Itu White hat SEO vs Black hat SEO ?


"White hat SEO" mengacu pada teknik SEO, praktik terbaik, dan strategi yang mematuhi aturan mesin pencari, fokus utamanya untuk memberikan nilai lebih kepada orang-orang.

"Black hat SEO" mengacu pada teknik dan strategi yang berupaya melakukan spam / menipu mesin pencari. Meskipun black hat SEO dapat berfungsi, itu membuat situs web berisiko besar terkena sanksi dan / atau tidak diindeks (dihapus dari hasil pencarian) dan memiliki implikasi etis.

Situs web yang terkena sanksi telah membangkrutkan bisnis Ini hanyalah alasan lain untuk sangat berhati-hati ketika memilih pakar atau agensi SEO.

Mesin pencari berbagi tujuan yang sama dengan industri SEO
Mesin pencari ingin membantu Anda sukses. Bahkan, Google bahkan memiliki Panduan Starter Optimasi Mesin Pencari, seperti Panduan Pemula! Mereka juga sangat mendukung upaya komunitas SEO. Konferensi pemasaran digital - seperti Unbounce, MNsearch, SearchLove, dan MozCon milik Moz - secara teratur menarik para insinyur dan perwakilan dari mesin pencari utama.

Google membantu para webmaster dan SEO melalui Forum Bantuan Pusat Webmaster dan dengan menyelenggarakan hangout jam kantor secara langsung. (Bing, sayangnya, menutup Forum Webmaster mereka pada tahun 2014.)

Meskipun pedoman webmaster bervariasi dari mesin pencari ke mesin pencari, prinsip-prinsip yang mendasarinya tetap sama: Jangan mencoba menipu mesin pencari. Alih-alih, berikan pengunjung Anda pengalaman daring yang hebat. Untuk melakukan itu, ikuti pedoman mesin pencari dan penuhi niat pengguna.

Panduan Webmaster Google


Prinsip dasar:

Buat halaman terutama untuk pengguna, bukan mesin pencari.
Jangan menipu pengguna Anda.
Hindari trik yang dimaksudkan untuk meningkatkan peringkat mesin pencari. Aturan praktis yang baik adalah apakah Anda akan merasa nyaman menjelaskan apa yang telah Anda lakukan ke situs web kepada karyawan Google. Tes lain yang bermanfaat adalah bertanya, "Apakah ini membantu pengguna saya? Apakah saya akan melakukan ini jika mesin pencari tidak ada?"
Pikirkan tentang apa yang membuat situs web Anda unik, berharga, atau menarik.
Hal-hal yang harus dihindari:
Konten yang dihasilkan secara otomatis
Berpartisipasi dalam skema tautan
Membuat halaman dengan sedikit atau tanpa konten asli (mis. Disalin dari tempat lain)
Cloaking - praktik menampilkan crawler mesin pencari konten yang berbeda dari pengunjung.
Teks dan tautan tersembunyi
Laman doorway - halaman yang dibuat untuk memberi peringkat baik untuk pencarian spesifik untuk mengarahkan lalu lintas ke situs web Anda.
Adalah baik untuk menjadi sangat akrab dengan Pedoman Webmaster Google. Luangkan waktu untuk mengenal mereka.


Pedoman Webmaster Bing
Prinsip dasar:
Pastikan Anda memenuhi syarat untuk dimasukkan dalam indeks Google Bisnisku; Anda harus memiliki alamat fisik, bahkan jika itu adalah alamat rumah Anda, dan Anda harus melayani pelanggan secara langsung, baik di lokasi Anda (seperti toko ritel) atau di alamat mereka (seperti tukang ledeng)
Jujur dan akurat mewakili semua aspek data bisnis lokal Anda, termasuk nama, alamat, nomor telepon, alamat situs web, kategori bisnis, jam operasi, dan fitur lainnya.
Hal-hal yang harus dihindari
Pembuatan daftar Google Bisnisku untuk entitas yang tidak memenuhi syarat
Kesalahan penyajian informasi bisnis inti Anda, termasuk “mengisi” nama bisnis Anda dengan kata kunci geografis atau layanan, atau membuat daftar untuk alamat palsu
Gunakan kotak PO atau kantor virtual alih-alih alamat jalan otentik
Penyalahgunaan bagian ulasan pada daftar Google Bisnisku, melalui ulasan positif palsu dari bisnis Anda atau palsu negatif dari pesaing Anda
Mahal, kesalahan pemula yang berasal dari kegagalan untuk membaca detail halus dari pedoman Google.

Jika Anda akan fokus pada peringkat di mesin pencari Bing, kenali juga panduan mereka. 

SEO lokal, nasional, atau internasional?


Bisnis lokal akan sering ingin menentukan peringkat untuk kata kunci niat lokal seperti "[layanan] + [dekat saya]" atau "[layanan] + [kota]" untuk menangkap pelanggan potensial yang mencari produk atau layanan di lokasi tertentu di yang mereka tawarkan. Namun, tidak semua bisnis beroperasi secara lokal. Banyak situs web yang tidak mewakili bisnis berbasis lokasi, tetapi malah menargetkan audiens di tingkat nasional atau bahkan internasional. Waspadai lebih banyak lagi tentang topik SEO lokal, nasional, dan internasional di Bab 4!

Memenuhi niat pengguna


Alih-alih melanggar pedoman ini dalam upaya menjebak mesin pencari ke peringkat Anda lebih tinggi, fokuslah pada pemahaman dan memenuhi maksud pengguna. Ketika seseorang mencari sesuatu, mereka memiliki hasil yang diinginkan. Baik itu jawaban, tiket konser, atau foto kucing, konten yang diinginkan adalah "niat pengguna" mereka.

Jika seseorang melakukan pencarian untuk "band," apakah niat mereka untuk menemukan band musikal, band pernikahan, gergaji band, atau yang lainnya?

Tugas Anda sebagai Ahli SEO adalah menyediakan konten yang diinginkan dengan cepat kepada pengguna dalam format yang diinginkan.

Jenis niat pengguna umum:


Informasi: Mencari informasi. Contoh: "Apa jenis laptop terbaik untuk fotografi?"
Navigasi: Mencari situs web tertentu. Contoh: "Apple"
Transaksional: Mencari untuk membeli sesuatu. Contoh: "penawaran bagus untuk MacBook Pro"

Anda bisa mendapatkan sedikit intensi pengguna dengan Googling kata kunci yang Anda inginkan dan mengevaluasi SERP saat ini. Misalnya, jika ada korsel foto, sangat mungkin orang yang mencari kata kunci itu mencari foto.

Juga evaluasi konten apa yang disediakan pesaing tingkat atas yang Anda tidak miliki saat ini. Bagaimana Anda bisa memberikan nilai 10X di situs web Anda?

Memberikan konten yang relevan dan berkualitas tinggi di situs web Anda akan membantu Anda peringkat lebih tinggi dalam hasil pencarian, dan yang lebih penting, itu akan membangun kredibilitas dan kepercayaan dengan audiens online Anda.

Sebelum Anda melakukan semua itu, Anda harus terlebih dahulu memahami tujuan situs web Anda untuk menjalankan rencana SEO strategis.

Ketahui tujuan situs web / klien Anda


Setiap situs web berbeda, jadi luangkan waktu untuk benar-benar memahami tujuan bisnis situs tertentu. Ini tidak hanya akan membantu Anda menentukan area SEO mana yang harus Anda fokuskan, di mana untuk melacak konversi, dan cara menetapkan tolak ukur, tetapi juga akan membantu Anda membuat poin pembicaraan untuk menegosiasikan proyek SEO dengan klien, bos, dll.

Apa KPI Anda (Indikator Kinerja Utama) untuk mengukur pengembalian investasi SEO? Lebih sederhana, apa barometer Anda untuk mengukur keberhasilan upaya pencarian organik Anda? Anda harus mendokumentasikannya, meskipun sederhana:

Untuk situs web ____________, SEO utama saya adalah ____________.
Berikut adalah beberapa contoh umum untuk membantu Anda memulai:

  • Penjualan
  • Unduhan
  • Pendaftaran email
  • Pengiriman formulir kontak
  • Panggilan telepon

Dan jika bisnis Anda memiliki komponen lokal, Anda juga bisa menambahkan bisnis Anda ke dalam Google Bisnisku. Ini juga termasuk:

  • Klik untuk menelepon
  • Klik-ke-situs web
  • Petunjuk arah klik untuk mengemudi

Anda mungkin telah memperhatikan bahwa hal-hal seperti "peringkat" dan "lalu lintas" tidak ada dalam daftar.

"Tapi tunggu dulu!" Katamu. "Saya datang ke sini untuk belajar tentang SEO karena saya dengar itu bisa membantu saya menentukan peringkat dan mendapatkan lalu lintas, dan Anda memberi tahu saya tujuan-tujuan penting itu?"

Tidak semuanya! Anda telah mendengar dengan benar. SEO dapat membantu peringkat situs web Anda lebih tinggi dalam hasil pencarian dan akibatnya mengarahkan lebih banyak lalu lintas ke situs web Anda, hanya saja peringkat dan lalu lintas adalah sarana untuk mencapai tujuan. Ada sedikit penggunaan dalam peringkat jika tidak ada yang mengklik ke situs Anda, dan ada sedikit digunakan dalam meningkatkan lalu lintas Anda jika lalu lintas itu tidak mencapai tujuan bisnis yang lebih besar.

Misalnya, jika Anda menjalankan situs pembuatan timbal, apakah Anda lebih suka memiliki:


  1. 1.000 pengunjung bulanan dan 3 orang mengisi formulir kontak? Atau...
  2. 300 pengunjung bulanan dan 40 orang mengisi formulir kontak?

Jika Anda menggunakan SEO untuk mengarahkan lalu lintas ke situs Anda untuk tujuan konversi, kami harap Anda memilih yang terakhir! Sebelum memulai SEO, pastikan Anda telah menetapkan tujuan bisnis Anda, kemudian gunakan SEO untuk membantu Anda mencapainya - bukan sebaliknya.

SEO mencapai jauh lebih banyak daripada metrik kesombongan. Ketika dilakukan dengan baik, ini membantu bisnis nyata mencapai tujuan nyata untuk kesuksesan mereka.

Pelajari lebih lanjut tentang menentukan strategi dan menetapkan tujuan bisnis, pemasaran, dan SEO dalam private seo bersama Mahirseo.net belajar seo secara private waktu flexible dan dibimbing langsung oleh pakar ahli seo yang sudah terbukti dan berpengalaman.


Bagaimana Cara Kerja SEO ?






Comments