Bloggues.com - Begini Cara Kerja mesin pencari dalam menemukan dan merayapi situs dan menentukan ranking. Seperti yang sudah kami jelasakan pada
artikel sebelumnya yang berjudul Apa Itu SEO, mesin pencari adalah mesin penjawab.
Mereka ada untuk menemukan, memahami, dan mengatur konten internet untuk
menawarkan hasil yang paling relevan atau sesuai dengan pertanyaan yang
diajukan pencari.
Belajar SEO, Kursus SEO, Private SEO hubungi Mahirseo.net
Untuk muncul di hasil pencarian, konten
Anda harus terlebih dahulu dapat dilihat oleh mesin pencari. Ini bisa dibilang
bagian paling penting dari teka-teki SEO: Jika situs Anda tidak dapat
ditemukan, tidak mungkin Anda pernah muncul di SERP (Halaman Hasil Mesin
Pencari).
Bagaimana cara kerja mesin pencari?
Mesin pencari memiliki tiga fungsi utama:
Perayapan: Menjelajahi Internet untuk
konten, mencari kode / konten untuk setiap URL yang mereka temukan.
Indeks: Menyimpan dan mengatur konten yang
ditemukan selama proses perayapan. Setelah halaman berada dalam indeks, halaman
itu dalam proses untuk ditampilkan sebagai hasil dari permintaan yang relevan.
Rangking: Sediakan potongan-potongan konten
yang paling baik menjawab permintaan pencari, yang berarti bahwa hasil dipesan
oleh yang paling relevan hingga yang kurang relevan.
Apakah yang dimaksud dengan perayapan mesin
pencari?
Perayapan adalah proses penemuan di mana
mesin pencari mengirimkan tim robot (dikenal sebagai perayap atau labah-labah)
untuk menemukan konten baru dan yang diperbarui. Konten dapat bervariasi - bisa
berupa halaman web, gambar, video, PDF, dll. - tetapi terlepas dari formatnya,
konten ditemukan oleh tautan.
Apa arti kata itu?
Mengalami masalah dengan definisi di bagian
ini? SEO glossary kami memiliki definisi khusus bab untuk membantu Anda tetap
up-to-speed.
Robot mesin pencari, juga disebut spider,
merayapi dari halaman ke halaman untuk menemukan konten baru dan yang
diperbarui.
Googlebot memulai dengan mengambil beberapa
halaman web, dan kemudian mengikuti tautan pada halaman web tersebut untuk
menemukan URL baru. Dengan melompat di sepanjang jalur tautan ini, perayap
dapat menemukan konten baru dan menambahkannya ke indeks mereka yang disebut
Caffeine - database besar dari URL yang ditemukan - untuk kemudian diambil
ketika seorang pencari mencari informasi bahwa konten pada URL itu adalah cocok
untuk.
Apa itu indeks mesin pencari?
Mesin telusur memproses dan menyimpan
informasi yang mereka temukan dalam indeks, basis data besar dari semua konten
yang mereka temukan dan anggap cukup baik untuk ditayangkan hingga pencari.
Peringkat mesin pencari
Ketika seseorang melakukan pencarian, mesin
pencari memeriksa indeks mereka untuk konten yang sangat relevan dan kemudian
memesan konten itu dengan harapan menyelesaikan permintaan pencarian. Urutan
hasil pencarian berdasarkan relevansi ini dikenal sebagai peringkat. Secara
umum, Anda dapat mengasumsikan bahwa semakin tinggi peringkat situs web,
semakin relevan mesin pencari meyakini bahwa situs tersebut sesuai dengan
kueri.
Dimungkinkan untuk memblokir perayap mesin
pencari dari sebagian atau seluruh situs Anda, atau menginstruksikan mesin
pencari untuk menghindari menyimpan halaman tertentu dalam indeks mereka.
Meskipun mungkin ada alasan untuk melakukan ini, jika Anda ingin konten Anda
ditemukan oleh pencari, Anda harus terlebih dahulu memastikan itu dapat diakses
oleh crawler dan diindeks. Jika tidak, itu sama saja dengan tidak terlihat.
Pada akhir bab ini, Anda akan memiliki
konteks yang Anda butuhkan untuk bekerja dengan mesin pencari, alih-alih
menentangnya!
Dalam SEO, tidak semua mesin pencari sama
Banyak pemula bertanya-tanya tentang
kepentingan relatif dari mesin pencari tertentu. Kebanyakan orang tahu bahwa
Google memiliki pangsa pasar terbesar, tetapi seberapa penting mengoptimalkan
untuk Bing, Yahoo, dan lainnya? Yang benar adalah bahwa meskipun ada lebih dari
30 mesin pencari web utama, komunitas SEO benar-benar hanya memperhatikan
Google. Mengapa? Jawaban singkatnya adalah bahwa Google adalah tempat sebagian
besar orang mencari web. Jika kami menyertakan Gambar Google, Google Maps, dan
YouTube (properti Google), lebih dari 90% pencarian web terjadi di Google - itu
hampir 20 kali gabungan Bing dan Yahoo.
Dapatkah mesin pencari menemukan halaman Anda?
Seperti yang baru saja Anda pelajari,
memastikan situs Anda dirayapi dan diindeks adalah prasyarat untuk muncul di
SERPs. Jika Anda sudah memiliki situs web, mungkin ide yang baik untuk memulai
dengan melihat berapa banyak halaman Anda dalam indeks. Ini akan menghasilkan
beberapa wawasan hebat tentang apakah Google merayapi dan menemukan semua
halaman yang Anda inginkan, dan tidak ada yang tidak Anda inginkan.
Salah satu cara untuk memeriksa halaman
yang diindeks adalah "site: yourdomain.com", operator pencarian
lanjutan. Buka Google dan ketikkan "site: yourdomain.com" ke dalam
bilah pencarian. Ini akan mengembalikan hasil yang Google miliki dalam
indeksnya untuk situs yang ditentukan:
Jumlah hasil yang ditampilkan Google (lihat
“Tentang hasil XX” di atas) tidak tepat, tetapi ini memberi Anda gagasan yang
solid tentang halaman mana yang diindeks di situs Anda dan bagaimana mereka
ditampilkan saat ini dalam hasil pencarian.
Untuk hasil yang lebih akurat, pantau dan
gunakan laporan Cakupan Indeks di Google Search Console. Anda dapat mendaftar
untuk mendapatkan akun Google Search Console gratis jika saat ini Anda belum
memilikinya. Dengan alat ini, Anda dapat mengirimkan peta situs untuk situs
Anda dan memantau berapa banyak halaman yang dikirimkan sebenarnya telah
ditambahkan ke indeks Google, antara lain.
Jika Anda tidak muncul di mana pun dalam
hasil pencarian, ada beberapa kemungkinan alasan mengapa:
Situs Anda masih baru dan belum dirayapi.
Situs Anda tidak ditautkan dari situs web
eksternal mana pun.
Navigasi situs Anda mempersulit robot untuk
menjelajahinya secara efektif.
Situs Anda berisi beberapa kode dasar yang
disebut arahan perayap yang memblokir mesin pencari.
Situs Anda telah dihukum oleh Google karena
taktik spam.
Beri tahu mesin pencari cara merayapi situs
Anda
Jika Anda menggunakan Google Search Console
atau operator pencarian lanjutan “site: domain.com” dan menemukan bahwa
beberapa halaman penting Anda hilang dari indeks dan / atau beberapa halaman
tidak penting Anda telah diindeks secara salah, ada beberapa optimisasi yang
dapat Anda lakukan. terapkan untuk mengarahkan Googlebot dengan lebih baik
bagaimana Anda ingin konten web Anda dirayapi. Memberitahu mesin pencari cara
merayapi situs Anda dapat memberi Anda kontrol yang lebih baik atas apa yang
berakhir di indeks.
Kebanyakan orang berpikir untuk memastikan
Google dapat menemukan halaman-halaman penting mereka, tetapi mudah untuk
melupakan bahwa ada kemungkinan halaman-halaman yang Anda tidak ingin Googlebot
temukan. Ini mungkin termasuk hal-hal seperti URL lama yang memiliki konten
tipis, duplikat URL (seperti parameter sort-and-filter untuk e-commerce),
halaman kode promo khusus, staging atau halaman pengujian, dan sebagainya.
Untuk mengarahkan Googlebot dari halaman
dan bagian tertentu dari situs Anda, gunakan robots.txt.
Robots.txt
File Robots.txt terletak di direktori root
situs web (mis. Yourdomain.com/robots.txt) dan menyarankan bagian mana dari
mesin pencari situs Anda yang harus dan tidak boleh dirayapi, serta kecepatan
mereka merayapi situs Anda , melalui arahan robots.txt tertentu.
Bagaimana Googlebot memperlakukan file
robots.txt
Jika Googlebot tidak dapat menemukan file
robots.txt untuk suatu situs, Googlebot melanjutkan untuk merayapi situs
tersebut.
Jika Googlebot menemukan file robots.txt
untuk suatu situs, biasanya Googlebot akan mematuhi saran dan melanjutkan untuk
merayapi situs tersebut.
Jika Googlebot menemukan kesalahan saat
mencoba mengakses file robots.txt situs dan tidak dapat menentukan apakah ada
atau tidak, itu tidak akan merayapi situs.
Optimalkan anggaran jelajah!
Anggaran perayapan adalah jumlah rata-rata
URL yang akan dirayapi Googlebot di situs Anda sebelum pergi, jadi optimisasi
anggaran perayapan memastikan bahwa Googlebot tidak membuang-buang waktu
merayapi laman yang tidak penting dengan risiko mengabaikan laman penting Anda.
Anggaran perayapan paling penting di situs yang sangat besar dengan puluhan
ribu URL, tetapi tidak pernah merupakan ide yang buruk untuk memblokir perayap
dari mengakses konten yang Anda tidak peduli. Pastikan untuk tidak memblokir
akses perayap ke laman tempat Anda menambahkan arahan lain, seperti tag kanonik
atau noindex. Jika Googlebot diblokir dari halaman, Googlebot tidak akan dapat
melihat petunjuk di halaman itu.
Tidak semua robot web mengikuti robots.txt.
Orang-orang dengan niat buruk (mis., Pencakar alamat email) membangun bot yang
tidak mengikuti protokol ini. Faktanya, beberapa aktor jahat menggunakan file
robots.txt untuk menemukan di mana Anda menemukan konten pribadi Anda. Meskipun
mungkin terlihat logis untuk memblokir perayap dari halaman pribadi seperti
halaman masuk dan administrasi sehingga mereka tidak muncul dalam indeks,
menempatkan lokasi URL tersebut dalam file robots.txt yang dapat diakses publik
juga berarti bahwa orang dengan niat jahat dapat lebih mudah menemukannya.
Lebih baik untuk NoIndex halaman-halaman ini dan gerbang mereka di belakang
formulir login daripada menempatkannya di file robots.txt Anda.
Anda dapat membaca detail lebih lanjut tentang
ini di bagian robots.txt dari Pusat Pembelajaran kami.
Menentukan parameter URL di GSC
Beberapa situs (paling umum dengan
e-commerce) membuat konten yang sama tersedia di beberapa URL berbeda dengan
menambahkan parameter tertentu ke URL. Jika Anda pernah berbelanja online,
kemungkinan Anda mempersempit pencarian Anda melalui filter. Misalnya, Anda
dapat mencari "sepatu" di Amazon, dan kemudian mempersempit pencarian
Anda berdasarkan ukuran, warna, dan gaya. Setiap kali Anda memperbaiki, URL
akan sedikit berubah:
https://www.example.com/products/women/dresses/green.htm
https://www.example.com/products/women?category=dresses&color=green
https://example.com/shopindex.php?product_id=32&highlight=green+dress
& cat_id = 1 & sessionid = 123 $
affid = 43
Bagaimana Google mengetahui versi URL mana yang akan ditayangkan kepada pencari?
Google melakukan pekerjaan yang cukup
baik untuk mencari tahu URL yang representatif dengan sendirinya, tetapi Anda
dapat menggunakan fitur Parameter URL di Google Search Console untuk memberi
tahu Google bagaimana tepatnya Anda ingin mereka memperlakukan halaman Anda.
Jika Anda menggunakan fitur ini untuk memberi tahu Googlebot “tidak merayapi
URL dengan parameter ____,” maka Anda pada dasarnya meminta untuk
menyembunyikan konten ini dari Googlebot, yang dapat mengakibatkan penghapusan
halaman-halaman itu dari hasil pencarian. Itu yang Anda inginkan jika parameter
itu membuat halaman duplikat, tetapi tidak ideal jika Anda ingin halaman itu
diindeks.
Bisakah crawler menemukan semua konten penting Anda?
Sekarang setelah Anda mengetahui beberapa
taktik untuk memastikan perayap mesin telusur menjauh dari konten Anda yang
tidak penting, mari pelajari tentang optimasi yang dapat membantu Googlebot
menemukan halaman penting Anda.
Terkadang mesin pencari akan dapat
menemukan bagian-bagian situs Anda dengan merangkak, tetapi halaman atau bagian
lain mungkin dikaburkan karena satu dan lain alasan. Sangat penting untuk
memastikan bahwa mesin pencari dapat menemukan semua konten yang ingin Anda
indeks, dan bukan hanya beranda Anda.
Tanyakan pada diri sendiri ini: Bisakah bot
merayapi melalui situs web Anda, dan bukan hanya itu?
Pintu yang ditutup, mewakili situs yang
dapat dirayapi tetapi tidak dijelajahi.
Apakah konten Anda tersembunyi di balik
formulir masuk?
Jika Anda meminta pengguna untuk masuk,
mengisi formulir, atau menjawab survei sebelum mengakses konten tertentu, mesin
pencari tidak akan melihat halaman yang dilindungi itu. Perayap jelas tidak
akan masuk.
Apakah Anda mengandalkan formulir pencarian?
Robot tidak dapat menggunakan formulir
pencarian. Beberapa orang percaya bahwa jika mereka menempatkan kotak pencarian
di situs mereka, mesin pencari akan dapat menemukan semua yang dicari
pengunjung.
Apakah teks disembunyikan di dalam konten non-teks?
Formulir media non-teks (gambar, video,
GIF, dll.) Tidak boleh digunakan untuk menampilkan teks yang ingin Anda indeks.
Sementara mesin pencari semakin baik dalam mengenali gambar, tidak ada jaminan
mereka akan dapat membaca dan memahaminya dulu. Itu selalu terbaik untuk
menambahkan teks dalam marka <HTML> halaman web Anda.
Dapatkah mesin pencari mengikuti navigasi
situs Anda?
Sama seperti perayap perlu menemukan situs
Anda melalui tautan dari situs lain, itu juga membutuhkan jalur tautan di situs
Anda sendiri untuk memandu dari halaman ke halaman. Jika Anda memiliki halaman
yang Anda inginkan untuk ditemukan oleh mesin pencari tetapi itu tidak
ditautkan dari halaman lain mana pun, itu sama baiknya dengan yang tidak
terlihat. Banyak situs membuat kesalahan kritis dalam menyusun navigasi mereka
dengan cara yang tidak dapat diakses oleh mesin pencari, menghambat kemampuan
mereka untuk didaftar dalam hasil pencarian.
Kesalahan navigasi umum yang dapat mencegah
perayap melihat semua situs Anda:
Memiliki navigasi seluler yang menunjukkan
hasil berbeda dari navigasi desktop Anda
Semua jenis navigasi di mana item menu
tidak ada dalam HTML, seperti navigasi yang mengaktifkan JavaScript. Google
telah menjadi jauh lebih baik dalam merangkak dan memahami Javascript, tetapi
itu masih bukan proses yang sempurna. Cara yang lebih pasti untuk memastikan
sesuatu ditemukan, dipahami, dan diindeks oleh Google adalah dengan
memasukkannya ke dalam HTML.
Personalisasi, atau menunjukkan navigasi
unik ke jenis pengunjung tertentu versus yang lain, dapat tampak menyelubungi
perayap mesin pencari
Lupa untuk menautkan ke halaman utama di
situs web Anda melalui navigasi Anda - ingat, tautan adalah jalur yang diikuti
oleh perayap ke halaman baru!
Inilah sebabnya mengapa sangat penting
bahwa situs web Anda memiliki navigasi yang jelas dan struktur folder URL yang
membantu.
Apakah Anda memiliki arsitektur informasi
yang bersih?
Arsitektur informasi adalah praktik
mengatur dan memberi label konten pada situs web untuk meningkatkan efisiensi
dan kemudahan ditemukan bagi pengguna. Arsitektur informasi terbaik adalah
intuitif, yang berarti bahwa pengguna tidak perlu berpikir terlalu keras untuk
mengalir melalui situs web Anda atau untuk menemukan sesuatu.
Apakah Anda menggunakan peta situs?
Sitemap persis seperti apa itu: daftar URL
di situs Anda yang dapat digunakan perayap untuk menemukan dan mengindeks
konten Anda. Salah satu cara termudah untuk memastikan Google menemukan halaman
prioritas tertinggi Anda adalah membuat file yang memenuhi standar Google dan
mengirimkannya melalui Google Search Console. Meskipun mengirimkan peta situs
tidak menggantikan kebutuhan untuk navigasi situs yang baik, itu pasti dapat
membantu crawler mengikuti jalur ke semua halaman penting Anda.
Pastikan bahwa Anda hanya menyertakan URL
yang ingin Anda indeks dengan mesin pencari, dan pastikan untuk memberikan
arahan yang konsisten kepada crawler. Misalnya, jangan sertakan URL dalam peta
situs Anda jika Anda telah memblokir URL itu melalui robots.txt atau sertakan
URL dalam sitemap Anda yang merupakan duplikat daripada versi kanonik yang
disukai (kami akan memberikan informasi lebih lanjut tentang kanonikisasi di
Bab 5!).
Pelajari lebih lanjut tentang peta situs XML
Jika situs Anda tidak memiliki situs lain
yang terhubung, Anda mungkin masih bisa mengindeksnya dengan mengirimkan peta
situs XML Anda di Google Search Console. Tidak ada jaminan mereka akan
memasukkan URL yang dikirimkan dalam indeks mereka, tetapi patut dicoba!
Apakah perayap mendapatkan kesalahan saat
mereka mencoba mengakses URL Anda?
Dalam proses merayapi URL di situs Anda,
perayap mungkin mengalami kesalahan. Anda dapat membuka laporan "Kesalahan
Perayapan" Google Search Console untuk mendeteksi URL tempat hal ini
terjadi - laporan ini akan menunjukkan kepada Anda kesalahan server dan tidak
menemukan kesalahan. File log server juga dapat menunjukkan ini kepada Anda,
serta harta karun informasi lain seperti frekuensi crawl, tetapi karena
mengakses dan membedah file log server adalah taktik yang lebih canggih, kami
tidak akan membahasnya secara panjang lebar dalam Panduan Pemula, Meskipun Anda
dapat mempelajari lebih lanjut di sini.
Sebelum Anda dapat melakukan sesuatu yang
berarti dengan laporan kesalahan perayapan, penting untuk memahami kesalahan
server dan kesalahan "tidak ditemukan".
Kode 4xx: Ketika crawler mesin pencari
tidak dapat mengakses konten Anda karena kesalahan klien
Kesalahan 4xx adalah kesalahan klien,
artinya URL yang diminta mengandung sintaksis yang buruk atau tidak dapat
dipenuhi. Salah satu kesalahan 4xx yang paling umum adalah kesalahan "404
- tidak ditemukan". Ini mungkin terjadi karena kesalahan ketik URL,
halaman yang dihapus, atau pengalihan rusak, hanya untuk menyebutkan beberapa
contoh. Ketika mesin pencari mencapai angka 404, mereka tidak dapat mengakses
URL. Ketika pengguna mencapai angka 404, mereka bisa frustrasi dan pergi.
5xx Codes: Ketika crawler mesin pencari
tidak dapat mengakses konten Anda karena kesalahan server
5xx kesalahan adalah kesalahan server,
artinya server tempat halaman web gagal memenuhi permintaan pencari atau mesin
pencari untuk mengakses halaman. Dalam laporan "Kesalahan Perayapan"
Google Search Console, ada tab yang didedikasikan untuk kesalahan ini. Ini
biasanya terjadi karena permintaan untuk URL habis, sehingga Googlebot
mengabaikan permintaan. Lihat dokumentasi Google untuk mempelajari lebih lanjut
tentang cara memperbaiki masalah konektivitas server.
Untungnya, ada cara untuk memberi tahu para
pencari dan mesin pencari bahwa halaman Anda telah dipindahkan - pengalihan 301
(permanen).
Katakanlah Anda memindahkan halaman dari
example.com/young-dogs/ ke example.com/puppies/. Mesin pencari dan pengguna
perlu jembatan untuk menyeberang dari URL lama ke yang baru. Jembatan itu
adalah redirect 301.
Ketika Anda menerapkan 301: Ketika Anda
tidak menerapkan 301:
Tautan Ekuitas Transfer tautan ekuitas dari
lokasi lama halaman ke URL baru. Tanpa 301, otoritas dari URL sebelumnya tidak
diteruskan ke versi baru URL.
Pengindeksan Membantu Google menemukan dan
mengindeks versi baru halaman. Kehadiran 404 kesalahan pada situs Anda saja
tidak merusak kinerja pencarian, tetapi membiarkan halaman 404 peringkat /
perdagangan dapat menyebabkan mereka keluar dari indeks, dengan peringkat dan
lalu lintas terjadi bersama mereka - ya!
Pengalaman Pengguna Memastikan pengguna
menemukan halaman yang mereka cari. Mengizinkan pengunjung Anda mengklik tautan
mati akan mengarahkan mereka ke halaman kesalahan alih-alih halaman yang
dimaksud, yang bisa membuat frustasi.
Kode status 301 itu sendiri berarti bahwa
halaman telah dipindahkan secara permanen ke lokasi baru, jadi hindari
mengalihkan URL ke halaman yang tidak relevan - URL tempat konten URL lama
tidak benar-benar tinggal. Jika sebuah halaman memberi peringkat untuk sebuah
kueri dan Anda memasukkannya ke URL dengan konten yang berbeda, itu mungkin
akan turun di posisi peringkat karena konten yang membuatnya relevan dengan
permintaan tertentu tidak ada lagi. 301 sangat kuat - pindahkan URL secara
bertanggung jawab!
Anda juga memiliki opsi 302 untuk
mengarahkan ulang halaman, tetapi ini harus dicadangkan untuk gerakan sementara
dan dalam kasus-kasus di mana melewati ekuitas tautan tidak menjadi masalah
besar. 302-an seperti jalan memutar. Anda sementara menyedot lalu lintas
melalui rute tertentu, tetapi tidak akan selamanya seperti itu.
Watch out for rantai redirect!
Mungkin sulit bagi Googlebot untuk mencapai
halaman Anda jika harus melalui beberapa arahan ulang. Google menyebut
"rantai pengalihan" ini dan mereka merekomendasikan untuk membatasi
sebanyak mungkin. Jika Anda mengarahkan example.com/1 ke example.com/2, maka
kemudian memutuskan untuk mengalihkannya ke example.com/3, yang terbaik adalah
menghilangkan perantara dan cukup mengarahkan redirect example.com/1 ke
example.com/3.
Pelajari lebih lanjut tentang rantai
pengalihan
Setelah Anda memastikan situs Anda
dioptimalkan untuk dapat dirayapi, urutan bisnis berikutnya adalah
memastikannya dapat diindeks.
Pengindeksan: Bagaimana mesin pencari
mengartikan dan menyimpan halaman Anda?
Setelah Anda memastikan situs Anda telah
dijelajahi, urutan bisnis berikutnya adalah memastikannya dapat diindeks. Itu
benar - hanya karena situs Anda dapat ditemukan dan dirayapi oleh mesin pencari
tidak berarti bahwa itu akan disimpan dalam indeks mereka. Di bagian sebelumnya
tentang perayapan, kami membahas bagaimana mesin pencari menemukan halaman web
Anda. Indeks adalah tempat halaman yang Anda temukan disimpan. Setelah perayap
menemukan halaman, mesin pencari merendernya seperti browser. Dalam proses
melakukannya, mesin pencari menganalisis konten halaman itu. Semua informasi
itu disimpan dalam indeksnya.
Baca terus untuk mengetahui tentang cara
kerja pengindeksan dan bagaimana Anda dapat memastikan situs Anda membuatnya
menjadi basis data yang sangat penting ini.
Dapatkah saya melihat bagaimana perayap
Googlebot melihat halaman saya?
Ya, versi halaman Anda yang di-cache akan
mencerminkan snapshot dari kali terakhir Googlebot merayapnya.
Google merayapi dan mem-cache halaman web
pada frekuensi yang berbeda. Situs-situs yang lebih mapan dan terkenal yang
sering memposting seperti https://www.nytimes.com akan dirayapi lebih sering
daripada situs web yang kurang terkenal untuk Roger the Mozbot's hustle,
http://www.rogerlovescupcakes.com ( andai saja itu nyata ...)
Anda dapat melihat seperti apa versi
halaman yang di-cache Anda dengan mengklik panah drop-down di sebelah URL di
SERP dan memilih "Cached":
Tangkapan layar tempat untuk melihat hasil yang
di-cache dalam SERP.
Anda juga dapat melihat versi teks saja
situs Anda untuk menentukan apakah konten penting Anda dirayapi dan di-cache
secara efektif.
Apakah halaman pernah dihapus dari indeks?
Ya, halaman dapat dihapus dari indeks!
Beberapa alasan utama mengapa URL dapat dihapus termasuk:
URL mengembalikan kesalahan "tidak
ditemukan" (4XX) atau kesalahan server (5XX) - Ini bisa tidak disengaja
(halaman dipindahkan dan 301 redirect tidak diatur) atau disengaja (halaman
dihapus dan 404 untuk hapus dari indeks)
URL memiliki meta tag noindex ditambahkan -
Tag ini dapat ditambahkan oleh pemilik situs untuk menginstruksikan mesin
pencari untuk menghilangkan halaman dari indeksnya.
URL telah dihukum secara manual karena
melanggar Pedoman Webmaster mesin pencari dan, sebagai hasilnya, dihapus dari
indeks.
URL telah diblokir agar tidak dirayapi
dengan penambahan kata sandi yang diperlukan sebelum pengunjung dapat mengakses
halaman.
Jika Anda yakin bahwa halaman di situs web
Anda yang sebelumnya di indeks Google tidak lagi muncul, Anda dapat menggunakan
alat Inspeksi URL untuk mempelajari status halaman, atau menggunakan Ambil
sebagai Google yang memiliki fitur "Permintaan Pengindeksan" untuk kirim
masing-masing URL ke indeks. (Bonus: Alat "ambil" GSC juga memiliki
opsi "render" yang memungkinkan Anda untuk melihat apakah ada masalah
dengan bagaimana Google menafsirkan halaman Anda).
Beri tahu mesin pencari cara mengindeks
situs Anda
Arahan meta robot
Arahan meta (atau "tag meta")
adalah instruksi yang dapat Anda berikan kepada mesin pencari mengenai
bagaimana Anda ingin halaman web Anda diperlakukan.
Anda dapat memberi tahu perayap mesin
pencari hal-hal seperti "jangan indeks halaman ini di hasil pencarian"
atau "jangan berikan ekuitas tautan apa pun ke tautan apa pun di
laman". Instruksi ini dijalankan melalui Tag Meta Robots di <head>
halaman HTML Anda (paling umum digunakan) atau melalui X-Robots-Tag di header
HTTP.
Tag meta robot
Tag meta robots dapat digunakan di dalam
<head> HTML laman web Anda. Itu dapat mengecualikan semua atau mesin
pencari tertentu. Berikut ini adalah arahan arahan yang paling umum, bersama
dengan situasi apa Anda menerapkannya.
index / noindex memberi tahu mesin apakah
halaman harus dirayapi dan disimpan dalam indeks mesin pencari untuk
pengambilan. Jika Anda memilih untuk menggunakan "noindex," Anda
berkomunikasi dengan perayap yang Anda inginkan halamannya dikecualikan dari
hasil pencarian. Secara default, mesin pencari menganggap mereka dapat
mengindeks semua halaman, jadi menggunakan nilai "indeks" tidak
perlu.
Ketika Anda mungkin menggunakan: Anda dapat
memilih untuk menandai halaman sebagai "noindex" jika Anda mencoba
untuk memotong halaman tipis dari indeks Google situs Anda (mis: halaman profil
yang dibuat pengguna) tetapi Anda tetap ingin itu dapat diakses oleh
pengunjung.
follow / nofollow memberi tahu mesin
pencari apakah tautan pada halaman harus diikuti atau tidak diikuti.
"Ikuti" menghasilkan bot yang mengikuti tautan pada halaman Anda dan
meneruskan ekuitas tautan ke URL tersebut. Atau, jika Anda memilih untuk
menggunakan "nofollow," mesin pencari tidak akan mengikuti atau
meneruskan ekuitas tautan apa pun ke tautan di halaman tersebut. Secara
default, semua halaman diasumsikan memiliki atribut "follow".
Ketika Anda mungkin menggunakan: nofollow
sering digunakan bersama dengan noindex ketika Anda mencoba untuk mencegah
halaman diindeks serta mencegah crawler dari mengikuti tautan di halaman.
noarchive digunakan untuk membatasi mesin
pencari dari menyimpan salinan halaman yang di-cache. Secara default, mesin
akan mempertahankan salinan yang terlihat dari semua halaman yang telah mereka
indeks, dapat diakses oleh pencari melalui tautan yang di-cache dalam hasil
pencarian.
Ketika Anda mungkin menggunakan: Jika Anda
menjalankan situs e-commerce dan harga Anda berubah secara teratur, Anda dapat
mempertimbangkan tag noarchive untuk mencegah pencari melihat harga yang
ketinggalan zaman.
Berikut ini contoh meta robots noindex, tag
nofollow:
<! DOCTYPE html>
<html>
<head>
<meta name = "robots" content
= "noindex, nofollow" />
</head>
<body> ... </body>
</html>
Contoh ini mengecualikan semua mesin
pencari dari mengindeks halaman dan mengikuti setiap link pada halaman. Jika
Anda ingin mengecualikan beberapa perayap, seperti googlebot dan bing misalnya,
tidak apa-apa untuk menggunakan beberapa tag pengecualian robot.
X-Robots-Tag
Tag x-robot digunakan dalam tajuk HTTP dari
URL Anda, memberikan lebih banyak fleksibilitas dan fungsionalitas daripada tag
meta jika Anda ingin memblokir mesin pencari pada skala karena Anda dapat
menggunakan ekspresi reguler, memblokir file non-HTML, dan menerapkan tag
noindex sitewide .
Misalnya, Anda dapat dengan mudah
mengecualikan seluruh folder atau jenis file (seperti
moz.com/no-bake/old-recipes-to-noindex):
<File ~ “\ /? No \ -bake \ /.*”>
Header mengatur X-Robots-Tag
“noindex, nofollow”
</Files>
Derivatif yang digunakan dalam tag meta
robot juga dapat digunakan dalam X-Robots-Tag.
Atau tipe file tertentu (seperti PDF):
<File ~ "\ .pdf $">
Header mengatur X-Robots-Tag
“noindex, nofollow”
</Files>
Untuk informasi lebih lanjut tentang Tag
Meta Robot, jelajahi Spesifikasi Tag Meta Robot Google.
Kiat WordPress:
Di Dasbor> Pengaturan> Membaca,
pastikan kotak "Visibilitas Mesin Pencari" tidak dicentang. Ini
memblokir mesin pencari agar tidak datang ke situs Anda melalui file robots.txt
Anda!
Memahami berbagai cara Anda dapat
memengaruhi perayapan dan pengindeksan akan membantu Anda menghindari perangkap
umum yang dapat mencegah laman penting Anda ditemukan.
Peringkat: Bagaimana peringkat mesin
pencari URL?
Bagaimana mesin pencari memastikan bahwa
ketika seseorang mengetik kueri ke dalam bilah pencarian, mereka mendapatkan
hasil yang relevan sebagai imbalan? Proses itu dikenal sebagai peringkat, atau
urutan hasil pencarian oleh yang paling relevan untuk paling tidak relevan
dengan permintaan tertentu.
Untuk menentukan relevansi, mesin pencari
menggunakan algoritma, suatu proses atau formula dimana informasi yang
tersimpan diambil dan dipesan dengan cara yang bermakna. Algoritma ini telah
mengalami banyak perubahan selama bertahun-tahun untuk meningkatkan kualitas
hasil pencarian. Google, misalnya, melakukan penyesuaian algoritme setiap hari
- beberapa pembaruan ini adalah penyesuaian kualitas minor, sedangkan yang lain
adalah pembaruan algoritma inti / luas yang digunakan untuk menangani masalah tertentu,
seperti Penguin untuk menangani spam tautan. Lihat Riwayat Perubahan Algoritma
Google kami untuk daftar pembaruan Google yang dikonfirmasi dan tidak
dikonfirmasi kembali ke tahun 2000.
Mengapa algoritme sering berubah? Apakah
Google hanya berusaha menjaga kami? Meskipun Google tidak selalu mengungkapkan
secara spesifik mengapa mereka melakukan apa yang mereka lakukan, kami tahu
bahwa tujuan Google ketika membuat penyesuaian algoritma adalah untuk
meningkatkan kualitas pencarian secara keseluruhan. Itulah sebabnya, sebagai
tanggapan terhadap pertanyaan pembaruan algoritma, Google akan menjawab dengan
sesuatu di sepanjang baris: "Kami membuat pembaruan berkualitas setiap
saat." Ini menunjukkan bahwa, jika situs Anda menderita setelah penyesuaian
algoritme, bandingkan dengan Pedoman Kualitas Google atau Panduan Penilai
Kualitas Pencarian, keduanya sangat menentukan dalam hal apa yang diinginkan
mesin pencari.
Apa yang diinginkan mesin pencari?
Mesin pencari selalu menginginkan hal yang
sama: untuk memberikan jawaban yang berguna untuk pertanyaan pencari dalam
format yang paling membantu. Jika itu benar, lalu mengapa SEO sekarang berbeda
dari tahun-tahun sebelumnya?
Pikirkan tentang hal ini dalam hal
seseorang belajar bahasa baru.
Pada awalnya, pemahaman mereka tentang
bahasa sangat sederhana - “Lihat Spot Run.” Seiring waktu, pemahaman mereka
mulai semakin dalam, dan mereka belajar semantik - makna di balik bahasa dan
hubungan antara kata dan frasa. Akhirnya, dengan latihan yang cukup, siswa
mengetahui bahasa dengan cukup baik bahkan untuk memahami nuansa, dan mampu
memberikan jawaban untuk pertanyaan yang bahkan tidak jelas atau tidak lengkap.
Ketika mesin pencari baru mulai mempelajari
bahasa kami, jauh lebih mudah untuk membuat gim sistem dengan menggunakan trik
dan taktik yang benar-benar bertentangan dengan pedoman kualitas. Ambil isian
kata kunci, misalnya. Jika Anda ingin peringkat untuk kata kunci tertentu
seperti "lelucon lucu," Anda dapat menambahkan kata-kata
"lelucon lucu" beberapa kali ke halaman Anda, dan membuatnya berani,
dengan harapan meningkatkan peringkat Anda untuk istilah itu:
Selamat datang di lelucon lucu! Kami
menceritakan lelucon paling lucu di dunia. Lelucon lucu itu menyenangkan dan
gila. Lelucon lucu Anda menunggu. Duduk dan baca lelucon lucu karena lelucon
lucu bisa membuat Anda bahagia dan lucu. Beberapa lelucon lucu favorit lucu.
Taktik ini dibuat untuk pengalaman pengguna
yang mengerikan, dan alih-alih menertawakan lelucon lucu, orang-orang
dibombardir oleh teks yang mengganggu dan sulit dibaca. Ini mungkin berhasil di
masa lalu, tetapi ini tidak pernah seperti yang diinginkan oleh mesin pencari.
Tautan peran diputar dalam SEO
Ketika kita berbicara tentang tautan, kita
dapat berarti dua hal. Tautan balik atau "tautan masuk" adalah tautan
dari situs web lain yang mengarah ke situs web Anda, sedangkan tautan internal
adalah tautan di situs Anda sendiri yang mengarah ke halaman Anda yang lain (di
situs yang sama).
Tautan secara historis memainkan peran
besar dalam SEO. Sangat awal, mesin pencari membutuhkan bantuan untuk mencari
tahu URL mana yang lebih dapat dipercaya daripada yang lain untuk membantu
mereka menentukan bagaimana menentukan peringkat hasil pencarian. Menghitung
jumlah tautan yang menunjuk ke situs tertentu membantu mereka melakukan ini.
Tautan balik berfungsi sangat mirip dengan
rujukan WoM (Word-of-Mouth) kehidupan nyata. Mari kita ambil sebuah kedai kopi
hipotetis, Jenny's Coffee, sebagai contoh:
Referensi dari orang lain = pertanda baik
dari otoritas
Contoh: Banyak orang yang berbeda
mengatakan kepada Anda bahwa Jenny's Coffee adalah yang terbaik di kota
Referensi dari diri sendiri = bias, jadi
itu bukan pertanda baik
Contoh: Jenny mengklaim bahwa Jenny's
Coffee adalah yang terbaik di kota
Referensi dari sumber yang tidak relevan
atau berkualitas rendah = bukan pertanda baik dan bahkan bisa membuat Anda
ditandai untuk spam
Contoh: Jenny dibayar untuk memiliki
orang-orang yang belum pernah mengunjungi kedai kopinya, memberi tahu orang
lain betapa baiknya itu.
Tidak ada referensi = otoritas tidak jelas
Contoh: Kopi Jenny mungkin baik, tetapi
Anda tidak dapat menemukan orang yang memiliki pendapat sehingga Anda tidak
dapat memastikannya.
Inilah sebabnya mengapa PageRank dibuat.
PageRank (bagian dari algoritma inti Google) adalah algoritma analisis tautan
yang dinamai menurut salah satu pendiri Google, Larry Page. PageRank memperkirakan
pentingnya halaman web dengan mengukur kualitas dan kuantitas tautan yang
mengarah padanya. Asumsinya adalah bahwa semakin suatu halaman web lebih
relevan, penting, dan dapat dipercaya, semakin banyak tautan yang akan didapat.
Semakin banyak backlink yang Anda miliki
dari situs web otoritas tinggi (tepercaya), semakin baik peluang Anda untuk
mendapatkan peringkat lebih tinggi dalam hasil pencarian.
Konten peran dimainkan dalam SEO
Tidak ada gunanya menautkan jika mereka
tidak mengarahkan pencari ke sesuatu. Sesuatu itu puas! Konten lebih dari
sekedar kata-kata; apa pun yang dimaksudkan untuk dikonsumsi oleh para pencari
- ada konten video, konten gambar, dan tentu saja, teks. Jika mesin pencari
adalah mesin penjawab, konten adalah sarana yang digunakan mesin untuk
memberikan jawaban tersebut.
Setiap kali seseorang melakukan pencarian,
ada ribuan hasil yang mungkin, jadi bagaimana mesin pencari memutuskan halaman
mana yang akan ditemukan oleh pencari? Sebagian besar menentukan di mana
peringkat halaman Anda untuk kueri yang diberikan adalah seberapa baik konten
pada halaman Anda cocok dengan maksud kueri. Dengan kata lain, apakah halaman
ini cocok dengan kata-kata yang dicari dan membantu memenuhi tugas yang ingin
dicapai oleh pencari?
Karena fokus ini pada kepuasan pengguna dan
penyelesaian tugas, tidak ada tolok ukur yang ketat tentang berapa lama konten
Anda seharusnya, berapa kali itu harus mengandung kata kunci, atau apa yang
Anda masukkan ke dalam tag header Anda. Semua itu dapat memainkan peran dalam
seberapa baik kinerja suatu halaman dalam pencarian, tetapi fokusnya harus pada
pengguna yang akan membaca konten.
Hari ini, dengan ratusan atau bahkan ribuan
sinyal peringkat, tiga teratas tetap konsisten: tautan ke situs web Anda (yang
berfungsi sebagai sinyal kredibilitas pihak ketiga), konten di halaman (konten
berkualitas yang memenuhi tujuan pencarian), dan PeringkatBrain.
Apa itu RankBrain?
RankBrain adalah komponen pembelajaran
mesin dari algoritma inti Google. Pembelajaran mesin adalah program komputer
yang terus meningkatkan prediksi dari waktu ke waktu melalui pengamatan baru
dan data pelatihan. Dengan kata lain, itu selalu belajar, dan karena selalu
belajar, hasil pencarian harus terus meningkat.
Misalnya, jika RankBrain memperhatikan URL
peringkat yang lebih rendah memberikan hasil yang lebih baik kepada pengguna
daripada URL peringkat yang lebih tinggi, Anda dapat bertaruh bahwa RankBrain
akan menyesuaikan hasil-hasil tersebut, memindahkan hasil yang lebih relevan
lebih tinggi dan menurunkan peringkat halaman yang kurang relevan sebagai
produk sampingan.
Gambar yang menunjukkan bagaimana hasil
dapat berubah dan cukup fluktuatif untuk menunjukkan peringkat yang berbeda
bahkan beberapa jam kemudian.
Seperti kebanyakan hal dengan mesin pencari,
kami tidak tahu persis apa yang terdiri dari RankBrain, tetapi tampaknya,
orang-orang di Google juga tidak tahu.
Apa artinya ini untuk SEO?
Karena Google akan terus meningkatkan
RankBrain untuk mempromosikan konten yang paling relevan dan bermanfaat, kita
perlu fokus untuk memenuhi maksud pencari lebih dari sebelumnya. Berikan
informasi dan pengalaman terbaik untuk pencari yang mungkin mendarat di halaman
Anda, dan Anda telah mengambil langkah besar pertama untuk berkinerja baik di
dunia RankBrain.
Metrik keterlibatan: korelasi,
sebab-akibat, atau keduanya?
Dengan peringkat Google, metrik
keterlibatan kemungkinan besar merupakan bagian korelasi dan penyebab sebagian.
Ketika kami mengatakan metrik keterlibatan,
kami berarti data yang mewakili bagaimana pencari berinteraksi dengan situs
Anda dari hasil pencarian. Ini termasuk hal-hal seperti:
Klik (kunjungan dari pencarian)
Waktu di halaman (jumlah waktu yang
dihabiskan pengunjung pada halaman sebelum meninggalkannya)
Rasio pentalan (persentase semua sesi situs
web di mana pengguna hanya melihat satu halaman)
Pogo-sticking (mengklik pada hasil organik
dan kemudian dengan cepat kembali ke SERP untuk memilih hasil lain)
Banyak tes, termasuk survei faktor
peringkat Moz sendiri, telah mengindikasikan bahwa metrik keterlibatan
berkorelasi dengan peringkat yang lebih tinggi, tetapi penyebabnya telah
diperdebatkan dengan panas. Apakah metrik keterlibatan yang baik hanya sebagai
indikasi situs berperingkat tinggi? Atau apakah situs berperingkat tinggi
karena mereka memiliki metrik keterlibatan yang baik?
Apa yang dikatakan Google
Meskipun mereka tidak pernah menggunakan
istilah "sinyal peringkat langsung," Google telah jelas bahwa mereka
benar-benar menggunakan data klik untuk memodifikasi SERP untuk permintaan
tertentu.
Menurut mantan Kepala Kualitas Pencarian
Google, Udi Manber:
“Peringkat itu sendiri dipengaruhi oleh
data klik. Jika kami menemukan bahwa, untuk permintaan tertentu, 80% orang
mengklik # 2 dan hanya 10% klik pada # 1, setelah beberapa saat kami menemukan
mungkin # 2 adalah yang orang inginkan, jadi kami akan mengubahnya. "
Komentar lain dari mantan insinyur Google
Edmond Lau menguatkan ini:
“Cukup jelas bahwa mesin pencari yang masuk
akal akan menggunakan data klik pada hasil mereka sendiri untuk dimasukkan
kembali ke peringkat untuk meningkatkan kualitas hasil pencarian. Mekanik
sebenarnya tentang bagaimana data klik digunakan sering kali merupakan hak
milik, tetapi Google membuatnya jelas bahwa ia menggunakan data klik dengan
patennya pada sistem seperti item konten yang disesuaikan peringkat. ”
Karena Google perlu mempertahankan dan
meningkatkan kualitas pencarian, tampaknya metrik keterlibatan lebih dari
sekadar korelasi, tetapi tampaknya Google gagal menyebut metrik keterlibatan
sebagai "sinyal peringkat" karena metrik tersebut digunakan untuk
meningkatkan kualitas penelusuran, dan peringkat masing-masing URL hanyalah
produk sampingan dari itu.
Tes apa yang telah dikonfirmasi
Berbagai tes telah mengkonfirmasi bahwa
Google akan menyesuaikan pesanan SERP sebagai tanggapan terhadap keterlibatan
pencari:
Tes Rand Fishkin 2014 menghasilkan hasil #
7 naik ke posisi # 1 setelah membuat sekitar 200 orang mengklik URL dari SERP.
Menariknya, peningkatan peringkat tampaknya terisolasi ke lokasi orang-orang
yang mengunjungi tautan. Posisi pangkat melonjak di AS, tempat banyak peserta
berada, sedangkan posisinya lebih rendah di Google Canada, Google Australia,
dll.
Perbandingan Larry Kim tentang halaman
teratas dan waktu tinggal rata-rata mereka sebelum dan sesudah RankBrain
tampaknya menunjukkan bahwa komponen pembelajaran mesin dari algoritma Google
menurunkan posisi peringkat halaman yang orang tidak menghabiskan banyak waktu.
Pengujian Darren Shaw telah menunjukkan dampak
perilaku pengguna pada hasil pencarian lokal dan paket peta juga.
Karena metrik keterlibatan pengguna jelas
digunakan untuk menyesuaikan SERPs untuk kualitas, dan perubahan posisi
peringkat sebagai produk sampingan, aman untuk mengatakan bahwa SEO harus
dioptimalkan untuk keterlibatan. Keterlibatan tidak mengubah kualitas obyektif
dari halaman web Anda, melainkan nilai Anda untuk pencari relatif terhadap
hasil lain untuk permintaan itu. Itu sebabnya, setelah tidak ada perubahan pada
halaman Anda atau backlink-nya, itu bisa menurun peringkat jika perilaku
pencari menunjukkan mereka lebih menyukai halaman lain.
Dalam hal peringkat halaman web, metrik
keterlibatan bertindak seperti pemeriksa fakta. Faktor obyektif seperti tautan
dan konten memberi peringkat pertama pada laman, lalu metrik keterlibatan
membantu Google menyesuaikan jika mereka tidak memperbaikinya.
Evolusi hasil pencarian
Kembali ketika mesin pencari tidak memiliki
banyak kecanggihan yang mereka miliki saat ini, istilah "10 tautan
biru" diciptakan untuk menggambarkan struktur datar SERP. Setiap kali
pencarian dilakukan, Google akan mengembalikan halaman dengan 10 hasil organik,
masing-masing dalam format yang sama.
Dalam lanskap pencarian ini, memegang
posisi # 1 adalah grail suci SEO. Tetapi kemudian sesuatu terjadi. Google mulai
menambahkan hasil dalam format baru di halaman hasil pencarian mereka, yang
disebut fitur SERP. Beberapa fitur SERP ini meliputi:
Iklan berbayar
Cuplikan unggulan
Orang Juga Bertanya kotak
Paket (peta) lokal
Panel pengetahuan
Tautan situs
Dan Google menambahkan yang baru setiap
saat. Mereka bahkan bereksperimen dengan "zero-result SERPs," sebuah
fenomena di mana hanya satu hasil dari Grafik Pengetahuan yang ditampilkan pada
SERP tanpa hasil di bawahnya kecuali opsi untuk "melihat lebih banyak
hasil."
Penambahan fitur-fitur ini menyebabkan
beberapa kepanikan awal karena dua alasan utama. Untuk satu, banyak fitur ini
menyebabkan hasil organik didorong lebih jauh ke bawah pada SERP. Produk
sampingan lain adalah bahwa lebih sedikit pencari mengklik hasil organik karena
lebih banyak pertanyaan dijawab pada SERP itu sendiri.
Jadi mengapa Google melakukan ini? Semuanya
kembali ke pengalaman pencarian. Perilaku pengguna menunjukkan bahwa beberapa
kueri lebih puas dengan berbagai format konten. Perhatikan bagaimana berbagai
jenis fitur SERP cocok dengan berbagai jenis maksud kueri.
Diminta Intent Kemungkinan, Fitur SERP
Dipicu
Cuplikan Unggulan Informasional
Informasional dengan satu jawaban Grafik
Pengetahuan / jawaban instan
Paket Peta Lokal
Belanja Transaksional
Kami akan berbicara lebih banyak tentang
maksud di Bab 3, tetapi untuk saat ini, penting untuk mengetahui bahwa jawaban
dapat dikirim ke para pencari dalam beragam format, dan bagaimana Anda menyusun
konten Anda dapat memengaruhi format di mana ia muncul dalam pencarian.
Pencarian terlokalisasi
Mesin pencari seperti Google memiliki
indeks daftar bisnis lokal miliknya sendiri, yang darinya ia menciptakan hasil
pencarian lokal.
Jika Anda melakukan pekerjaan SEO lokal
untuk bisnis yang memiliki lokasi fisik yang dapat dikunjungi oleh pelanggan
(mis .: dokter gigi) atau untuk bisnis yang bepergian untuk mengunjungi
pelanggan mereka (mis .: tukang ledeng), pastikan bahwa Anda mengklaim,
memverifikasi, dan mengoptimalkan Daftar Google Bisnisku gratis.
Ketika sampai pada hasil pencarian yang
dilokalkan, Google menggunakan tiga faktor utama untuk menentukan peringkat:
Relevansi
Jarak
Keunggulan
Relevansi
Relevansi adalah seberapa baik bisnis lokal
cocok dengan apa yang dicari oleh pencari. Untuk memastikan bahwa bisnis
melakukan segala yang diperlukan untuk menjadi relevan bagi pencari, pastikan
informasi bisnis diisi secara lengkap dan akurat.
Jarak
Google menggunakan lokasi geografis Anda
untuk melayani hasil lokal Anda dengan lebih baik. Hasil pencarian lokal sangat
sensitif terhadap kedekatan, yang merujuk ke lokasi pencari dan / atau lokasi
yang ditentukan dalam permintaan (jika pencari memasukkan satu).
Hasil pencarian organik sensitif terhadap
lokasi pencarian, meskipun jarang diucapkan seperti pada hasil paket lokal.
Keunggulan
Dengan keunggulan sebagai faktor, Google
mencari hadiah bisnis yang terkenal di dunia nyata. Selain keunggulan offline
bisnis, Google juga mencari beberapa faktor online untuk menentukan peringkat
lokal, seperti:
Ulasan
Jumlah ulasan Google yang diterima bisnis
lokal, dan sentimen dari ulasan tersebut, memiliki dampak penting pada
kemampuan mereka untuk memberi peringkat pada hasil lokal.
Kutipan
"Kutipan bisnis" atau
"daftar bisnis" adalah referensi berbasis web ke bisnis lokal
'"NAP" (nama, alamat, nomor telepon) pada platform yang dilokalisasi
(Yelp, Acxiom, YP, Infogroup, Lokalisasi, dll.) .
Peringkat lokal dipengaruhi oleh jumlah dan
konsistensi kutipan bisnis lokal. Google menarik data dari berbagai sumber
untuk terus membuat indeks bisnis lokalnya. Ketika Google menemukan beberapa
referensi yang konsisten ke nama bisnis, lokasi, dan nomor telepon, itu
memperkuat "kepercayaan" Google pada validitas data itu. Ini kemudian
menyebabkan Google mampu menunjukkan bisnis dengan tingkat kepercayaan yang
lebih tinggi. Google juga menggunakan informasi dari sumber lain di web,
seperti tautan dan artikel.
Peringkat organik
Praktik terbaik SEO juga berlaku untuk SEO
lokal, karena Google juga mempertimbangkan posisi situs web dalam hasil
pencarian organik saat menentukan peringkat lokal.
Di bab berikutnya, Anda akan mempelajari
praktik terbaik di laman yang akan membantu Google dan pengguna lebih memahami
konten Anda.
Comments
Post a Comment
Silahkan berkomentar dengan bahasa yang sopan dan juga relevan dengan tema artikel yang ditulis. Tidak diperkenankan untuk spaming. Terimakasih.