Bloggues.com - 7 Strategi Pemasaran Produk atau Jasa Terbukti Berhasil. Dalam menjalankan sebuah bisnis, setiap pelaku bisnis
baik perseorangan maupun perusahaan harus memiliki strategi khusus untuk
melakukan pemasaran produk.
Pemasaran produk atau jasa merupakan suatu kegiatan yang
dilakukan oleh pihak pelaku bisnis agar produk/jasa yang telah dibuat akan lebih
dikenal masyarakat secara luas.
Selain itu, strategi ini pun dapat meningkatkan
penjualan produk/jas dari suatu perusahaan. Sebelum membahas lebih lanjut tentang
beberapa strategi pemasaran produk/Jasa, berikut ini ada beberapa pengertian strategi pemasaran menurut para ahli, sebagai
berikut:
- Menurut Philip
Kotler, strategi pemasaran merupakan sebuah pola pikir dari pemasaran
produk yang digunakan untuk mencapai tujuan dari pemasaran tersebut. Strategi
pemasaran ini memuat tentang strategi spesifik untuk pasar sasaran, bauran
pemasaran, penetapan posisi, dan besarnya pengeluaran pemasaran.
- Menurut
Tjiptono, strategi pemasaran ialah suatu media yang digunakan para
pengusaha untuk mengembangkan keunggulan suatu perusahaan dalam bersaing
dengan para pesaing di pasar yang dimasuki dengan program yang digunakan
untuk melayani pasar sasaran.
Itulah dua pendapat dari para ahli tentang pengertian
dari sebuah strategi pemasaran produk dalam dunia bisnis.
Berikut ini simak
beberapa contoh strategi pemasaran produk
yang dapat diterapkan pada bisnis yang sedang Anda jalani untuk mencapai
keberhasilan!
Strategi Pemasaran Dengan SEO
Menjalankan
sebuah bisnis dengan memanfaatkan sebuah SEO untuk melakukan suatu strategi
pemasaran produk memang sudah banyak dipilih oleh para pebisnis.
SEO merupakan
satu cara untuk pengunjung melalui mesin pencarian. Saat seorang pebisnis ingin
melakukan pemasaran produk secara online, maka strategi menggunakan SEO merupakan
yang paling tepat.
Dalam melakukan pemasaran strategi dengan menggunakan SEO,
ada 3 strategi yang perlu dipahami yaitu:
- Menyajikan
konten terbaik
Untuk menarik minat
pengunjung dengan produk yang Anda tawarkan, maka rancanglah suatu promosi yang
baik dan menarik. Usahakan untuk memberikan konten yang mudah dipahami oleh
pengunjung, sehingga setiap pengunjung akan mudah mengerti produk yang Anda
tawarkan.
- Memahami
keyword
Untuk menjadikan
pemasaran produk Anda selalu berada di urutan pertama dalam mesin pencarian,
maka usahakan untuk menggunakan keyword atau kata kunci yang tepat. Pilihlah
kata kunci untuk judul konten Anda yang menarik agar pengunjung penasaran dan
ingin mendapatkan produk atau jasa yang Anda tawarkan. Jika Anda ingin belajar SEO, atau menggunakan Jasa SEO silahkan kunjungi www.mahirseo.net
Strategi Pemasaran Dengan FB Ads
Sebagian besar pebisnis di Indonesia sudah menggunakan
FB Ads sebagai media promosi produk dan jasa terbaik. Strategi
pemasaran produk yang dilakukan dengan FB Ads memang telah membuktikan
keberhasilan dan kesuksesan. Jika Anda ingin mendapatkan kesuksesan dalam
melakukan pemasaran produk atau jasa melalui FB Ads, berikut ini ada beberapa strategi. pemasaran dengan FB Ads yang perlu Anda ketahui.
- Memahami
karakter target audience
- Berpikir
bagaimana cara membuat iklan yang menarik untuk target audience
- Memanfaatkan
fitur-fitur canggih yang tersedia di FB Ads
- Bagaimana
cara mengonversi secara tepat
Strategi Pemasaran Dengan Instagram
Instagram merupakan salah satu media sosial tercanggih
yang saat ini sangat populer digunakan
oleh para usernya di seluruh dunia. Sudah banyak para pebisnis yang menggunakan
media sosial ini untuk urusan bisnis terutama dalam bidang pemasaran produk.
Lalu apa sajakah strategi pemasaran produk dengan Instagram untuk meraih
keuntungan yang besar? Berikut beberapa strategi pemasaran dengan Instagram
yang perlu Anda ketahui.
- Fokus
menciptakan konten yang bermutu dan berkualitas
- Usahakan
untuk menjaga “brand” produk atau jasa tetap konsisten
- Mencoba
berinteraksi dengan audience
- Memanfaatkan
influencer
- Memasang
iklan di Instagram Ads
- Memanfaatkan
fitur post otomatis
Strategi Pemasaran Dengan Menggunakan Email
Email marketing sering digunakan oleh para pebisnis
untuk melancarkan proses pemasaran suatu produk atau jasa. Strategi pemasaran melalui email ini
digunakan sebagai cara terbaik untuk memperluas jangkauan pasar untuk menjual
suatu produk atau jasa. Selain dapat dilakukan dengan mudah, menggunakan email
sebagai strategi pemasaran produk dan jasa
pun dinilai lebih simple dan murah. Keuntungan lain dari strategi pemasaran
melalui email, diantaranya ialah:
- Jangkauan
pemasaran tidak terbatas karena dapat menjangkau pasar lebih luas
- Meningkatkan
image perusahaan di mata para konsumen
- Mengurangi
biaya pemasaran
- Lebih
memudahkan menjalin hubungan dengan para konsumen
Strategi Pemasaran Dengan Iklan Google ( Adwords )
Saat ini berbagai macam jenis bisnis sudah dapat
dengan mudah ditemukan di media pencarian Google. Hal itu karena setiap
pebisnis berpikir bahwa bisnis akan lebih mudah dikenal secara otomatis melalui
iklan di Google pencarian.
Bagi Anda yang ingin sukses dalam melakukan promosi
produk atau jasa secara online, maka strategi pemasaran produk dengan
menggunakan iklan Google ini patut Anda coba.
Berikut ini ada 2 strategi utama dalam menggunakan
iklan Google untuk media pemasaran produk atau jasa.
- Menggunakan
SEO atau Search Engine Optimization yang akan membuat produk Anda selalu
di urutan pertama di Google pencarian secara gratis atau tanpa bayar
- Menggunakan
Google AdWords yang mana merupakan mesin periklanan di Google yang akan
memudahkan Anda untuk mendapatkan peringkat pertama di mesin pencarian
Google secara berbayar.
Strategi Pemasaran Dengan Video YouTube
Melakukan strategi pemasaran suatu produk atau jasa,
dapat Anda lakukan dengan media visual bergerak. Video YouTube merupakan salah
satu media visual bergerak yang sering digunakan dalam strategi pemasaran
produk terbaik.
Dengan melakukan promosi melalui sebuah video di Youtube, Anda
bisa dengan mudah menerangkan dan memberikan deskripsi lengkap untuk produk
atau jasa yang Anda tawarkan.
Berikut ini ada beberapa strategi
pemasaran perusahaan dalam mempromosikan produk atau sebuah jasa, antara
lain:
- Identifikasi
calon konsumen
- Meriset kata
kunci video
- Menetapkan
tipe video yang akan digunakan
- Menentukan
secara tepat tujuan video
- Menentukan
durasi video yang akan dibuat untuk promosi produk
- Call to
action
- Pembuatan
video dan pengupload-an video
- Distribusi
serta optimasi video agar video produk Anda menarik minta pengunjung dan
konsumen
Strategi Pemasaran Dengan SMS Broadcast
Melakukan strategi pemasaran
produk dan jasa dengan menggunakan SMS Broadcast terbukti dapat mencapai
suatu keberhasilan yang signifikan. Strategi ini merupakan cara yang paling
cepat, tepat, dan efektif untuk menginformasikan tentang produk dan promo yang
Anda ingin kenalkan ke konsumen.
Dengan mengirim SMS atau Broadcast SMS ke
konsumen, produk Anda akan mudah dikenali. Namun, dalam melakukan strategi pemasaran
dengan SMS Broadcast, ada beberapa tips yang perlu Anda ketahui untuk tetap
mendapatkan perhatian dari konsumen.
- Mengatur
waktu promosi atau SMS Broadcast ke konsumen (contohnya 1 minggu sekali
atau 2 minggu sekali agar SMS Broadcast yang Anda kirim tidak menjadi
sebuah spam)
- Memberikan
informasi secara singkat, padat, dan jelas agar konsumen mudah memahami
produk yang Anda tawarkan.
Maka itulah materi strategi
pemasaran produk dan jasa yang dapat Anda lakukan dengan memanfaatkan
media online untuk mencapai keberhasilan. Dengan melakukan strategi di atas,
Anda sebagai pelaku bisnis dapat lebih mudah untuk mempromosikan produk atau
jasa Anda ke konsumen.
Selain itu, cara ini pun dinilai lebih praktis dan cepat,
sehingga tindakan pemasaran produk dapat dilakukan secara efisien tanpa
merugikan Anda atau perusahaan Anda.
Jika Anda Ingin Memasarkan Produk/jasa menggunakan SEO, FB Ads, IG Ads, Hub Mahirseo.net Tlp/SMS 0812 8345 1177, WA 0852 1618 7222
Comments
Post a Comment
Silahkan berkomentar dengan bahasa yang sopan dan juga relevan dengan tema artikel yang ditulis. Tidak diperkenankan untuk spaming. Terimakasih.