Bloggues.com, Panduan belajar seo terlengkap untuk pemula. Artikel ini saya buat agar semudah mungkin dapat dipahami terutama untuk Anda yang masih awam atau baru terjun ke dunia bisnis online.
Panduan Belajar SEO lengkap untuk pemula |
Apa Itu SEO?
SEO adalah singkatan search
Engine Optimization, Yaitu merupakan sebuah cara yang dilakukan agar website
dapat dengan mudah ditemukan oleh mesin pencari dalam hal ini adalah Google.
Teknik yang digunakan adalah
dengan mengoptimalkan keyword ( Kata Kunci ) melalui meta tag.
Ada 5 meta tag yang dapat
dioptimalkan Keyword Tag supaya SEO Friendly, yaitu :
- Title Tag
- Meta Description Tag
- Meta Img
- Alt Tag
- Body Tag.
Kita akan bahas satu per satu
nanti, namun yang perlu diketahui tidak semua tehnik upaya SEO itu aman untuk
website yang Anda miliki kemampuan untuk mendeteksi tehnik-tehnik nakal yang untuk
menaikkan posisi hasil pencarian, tehnik nakal tersebut disebut dengan Black
Hat SEO.
Apa Itu Black Hat SEO?
Black Hat Seo adalah
serangkaian tehnik yang dilakukan untuk mengakali sistem search engine sebuah
website dapat menempati urutan terbaik di dalam hasil pencarian, Tehnik ini
meliputi manipulasi dengan membuat Page Cloaking yakni tehnik memanipulasi
sebuah halaman agar terlihat berbeda di mata search engine sehingga dapat
ditempatkan pada urutan pertama dalam hasil pencarian.
Biasanya halaman- halaman yang
mendapatkan Page Cloaking berbeda dengan halaman yang ditujukan bagi manusia
atau pengunjung website. Contoh dari Page Cloaking adalah membuat banyak
keyword di halaman body website, namun agar tidak terlihat oleh pengunjung
website maka tersebut disamarkan dengan membuat warna yang serupa dengan warna
latar website Membuat sebuah gambar berukuran kecil yang warnanya sama dengan
warna latar website, kemudian memasukkan banyak keyword pada agian lmg Alt Tag,
dan membuat link ke sebuah halaman yang dikhususkan untuk search engine yang
juga sudah diisi dengan banyak keyword.
Masih banyak tehnik nakal
lainnya yang bertujuan memanipulasi search engine, namun kita tidak akan
membahasnya dalam ebook ini karena percuma, walaupun website Anda dapat
memperoleh urutan teratas dalam hasil pencarian namun suatu saat nanti ketika
mesin pencari mengetahui teknik ini maka resikonya adalah website atau blog
Anda kena banned.
Jangan coba – coba mengakali
mesin pencarian Google karena Google adalah perusahaan besar dengan orang –
orang pintar didalamnya sehingga sangat sulit sekali untuk bisa mengakali
Google.
Apa Itu White Hat SEO ?
White Hat SEO adalah cara mengoptimasi website secara benar
sesuai dengan aturan – aturan dari mesin pencari. Ini merupakan kebalikan nya
dari black hat SEO.
White hat SEO, adalah teknik
SEO yang baik di mata mesin pencari dan teknik ini di anggap teknik yang etis
dalam melakukan SEO, untuk menaikan peringkat blog atau website, namun
melakukan white hat SEO ini adalah memang pekerjaan atau optimasi seo dengan
membutuhkan proses yang dengan dedikasi dan proses dengan hasil yang agak lama
untuk mendapatkan hasil yang baik. Artinya disini Anda membutuhkan waktu
sekitar 3 sampai 6 bulan untuk bisa melihat hasilnya jika website Anda benar –
benar baru.
Makanya kebanyakan blogger melakukan
teknik black hat SEO untuk hasil yang cepat dan singkat, namun perlu anda
ketahui bahwa teknik black hat SEO ini tidak bisa bertahan lama,setelahnya blog
tersebut akan terjun bebas di mesin pencari dan hilang bak di telan bumi,
karena google menghukum blog tersebut dan lebih parahnya anda bisa terkena
google sandbox, karena dengan teknik black hat ini anda tidak mematuhi pedoman
atau aturan google webmaster.
White hat seo adalah optimasi
SEO dengan memberikan hasil yang baik dan memuaskan untuk jangka yang panjang
namun itu tergantung bagaimana juga anda melakukan optimasi SEO itu apakah
sudah maksimal atau belum, hal ini juga
memang cukup adil karena google akan me reward sebuah blog dimana blog
yang berkualitas akan di tempatkan di posisi teratas di pencarian dengan
memenuhi aturan persyaratan algoritma, nah jika anda ingin melakukan optimasi
SEO yang baik dengan aturan google,silahkan baca "halaman pedoman
webmaster" disana anda akan menemukan informasi lebih tentang tata cara
membuat konten yang baik ,desain blog dan bagaimana link bekerja, dan masih
banyak lagi.
Perbedaan SEO & SEM ( Google Adwords )
1. SEO
Sebelum mengetahui apa itu
SEM, Anda juga harus memahami dulu apa itu SEO. Seperti yang sudah dijelaskan
secara singkat diatas, Search engine optimizer atau optimasi mesin pencari
merupakan sebuah strategi merancang, menulis, coding khususnya dengan XHTML
serta pemrograman seluruh situs web guna mendapatkan kesempatan berada di
halaman utama pada fasilitas layanan mesin pencari menggunakan kata kunci dan
frasa tertentu.
SEO yang murni adalah SEO
On-Page karena starteginya benar-benar memanfaatkan penggunaan kata kunci,
judul halaman dan sebagainya. Semakin berada diatas dan pada halaman awal,
semakin banyak pula pengunjung yang masuk ke situs tersebut. Ada cukup banyak
trik dan strategi SEO yang bisa dilakukan, baik yang membawa pengaruh besar,
pengaruh sedikit atau bahkan ada trik SEO yang sebenarnya tidak membawa
pengaruh apapun namun tetap dijalankan.
2. SEM
Ada banyak artikel yang
menuliskan tentang pengertian SEO dan berbagao strateginya. Kini giliran Anda
harus memahami SEM atau Search Engine Marketing. Ini merupakan sebuah bentuk
strategi pemasaran (Marketing) Internet yang tujuannya adalah mempromosikan
website pada halaman hasil mesin pencari (SERPs) berbayar memanfaatkan
penempatan dengan tagihan, iklan kontekstual, maupun dengan inklusi berbayar.
Atau bisa berarti sebuah trik pemasaran via online dengan cara meningkatkan
visibility halaman Anda pada hasil pencarian di mesin pencari.
Apabila Anda masih bingung,
sederhananya Search Engine Marketing adalah tentang pengiklanan memanfaatkan
kata kunci tertentu menggunakan search engine semacam Google AdWords, Facebook
Ads serta Yahoo Search Marketing. Pada umumnya, pembayaran Search Engine
Marketing biasanya dilakukan dengan cara pay per click maupun dengan ketentuan
berapa lama waktu.
Jadi SEM dan SEO adalah dua
hal yang cukup berkaitan erat. Hanya saja SEM menjadi trik pemasaran internet
yang membutuhkan biaya, namun dampaknya bisa cukup besar. Lagipula sebuah
perusahaan yang menawarkan layanan Search Engine Marketing umumnya juga
sekaligus memberikan layana tambahan SEO.
Perusahaan layana SEM nantinya akan
mengoptimasi proyek pada situs web klien, kemudian melakukan pengelolaan listing
pada mesin pencari, mengirimke direktori situs klien serta berusaha untuk
mengembangkan strategi marketing online untuk klien secara langsung.
3. Pentingkah Mengoptimalkan Visibility dalam SEO ?
Penting bila Anda memiliki
tujuan. Sebagai contoh anggaplah Anda pada posisi sebagai konsumen, dan saat
ada seorang calon pembeli melakukan pencarian pada search engine khususnya
Google maka yang ia lihat adalah hasil yang tertampil paling sesuai dengan
“kata kunci” yang diketikkan pada halaman utama atau minimal halaman ke 2 dan
ke 3.
Pada momen inilah visibilitas
halaman website Anda menjadi hal yang cukup penting mengingat akan sangat
percuma apabila website Anda menawarkan produk maupun informasi yang sebenarnya
dibutuhkan oleh calon konsumen namun hanya muncul pada halaman 10. Tentu orang
malas untuk mencari dan mengklik halaman 10 karena yang mereka inginkan adalah
akses cepat.. Akhirnya, memanfaatkan SEM calon pembeli baka lebih mudah
menemukan link menuju website Anda.
Keunggulan lain dari SEM
adalah dapat mentargetkan konsumen dari segi demografis. Bahkan SEM bisa sangat
spesifik menentukan iklan yang Anda miliki hanya muncul pada audience yang
menggunakan mesin pencari di kota tertentu. Kemudian SEM juga bisa menargetkan
orang yang memang tertarik dengan produk Anda memanfaatkan ketikan nama produk
pada search engine dari calon konsumen.
Plus Minusnya Menggunakan Adwords.
Mengenal Google Adwords
beserta kelebihan dan kekurangannya. Jika bicara soal Google Adsense, tak afdol
rasanya jika tidak ngomongin produk andalan Google ini yaitu AdWords.
Di Adsense, sebagai publisher
kita digaji oleh Google, namun ini justru kebalikannya. Kita harus keluar duit
untuk membayar ongkos pasang iklan di AdWords. Karena konon katanya, gaji
publisher Adsense dibayar dari uang para advertizer yang memakai jasa iklan di
AdWords.
Itulah yang dinamakan
simbiosis mutualisma. Meski sebenarnya perputaran dolarnya hanya di seputar
lingkaran itu juga.
Apa itu Google AdWords?
Contoh Iklan Google Adwords |
Secara lugas, Google Adwords
bisa diartikan “iklan kata-kata dari Google”. Tapi kok kayaknya tidak enak di
dengar ya.
Intinya, AdWords adalah sumber
pendapatan utama google berupa program periklanan dengan mekanisme unik yang
diperuntukan bagi produsen agar dapat mengembangkan bisnisnya melalui promosi
produk atau jasanya lewat jaringan internet. Sedikit intelek kan kedengaran
nya.
Pasti banyak yang belum tahu
seperti apa tampilan iklan dari AdWords.
Perhatikan saat anda mengetik sebuah kata kunci lalu muncul deretan
situs di halaman Google.
Jika ada kotak kuning di bawah
judul artikel bertuliskan ‘Ad atau Ads’, nah itulah salah satu bentuk iklan
dari Google tersebut. Bahkan terkadang juga muncul di sisi sidebar halaman
pencarian Google.
Mengenal Google AdWords Beserta Plus Minusnya
Inilah keuntungan menggunakan AdWords
Banyak manfaat yang kita
peroleh jika kita menggunakan jasa Google AdWords. Seperti kita tahu, mesin
pencari terbesar saat ini adalah Google, sedangkan Adwords merupakan salah satu
produk periklanan yang dimilikinya.
Sudah pasti produk atau jasa
yang kita iklankan di Adwords akan mendapatkan perlakuan istimewa dari Google
melalui penempatan posisi di halaman pertama mesin pencari. Selain keuntungan
tersebut, masih ada lagi manfaat dari Google AdWords, antara lain.
1. Mengangkat trafik lebih
cepat dan tertarget
Kenapa bisa begitu? Dengan
menggunakan perhitungan Pay per Click, dana kampanye Anda akan dikonversi ke
pengunjung sesuai harga klik. Misal
tarif klik Rp. 1000 dan anda beriklan sehari Rp. 50.000, maka Anda akan mendapatkan pengunjung sekitar
50 Klik/pengunjung dari perhitungan 50.000 di bagi 1000.
2. Mendapatkan visitor yang
sesuai dengan target bisnis
AdWords menampilkan iklan kita
sesuai dengan kata kunci yang dibidik. Misalkan Anda seorang pengusaha catering
dengan target kata kunci “Catering murah di Jakarta” maka pengunjung blog Anda
yang masuk lewat AdWords adalah orang-orang yang melakukan pencarian sesuai
kata kunci Anda.
Inilah yang disebut pengunjung
yang tertarget. Jadi iklan Anda nantinya tidak akan muncul pada halaman yang
tidak sesuai dengan kata kunci Anda.
3. Meningkatkan reputasi
website sesuai SEO
Begini penjelasannya. Saat
optimasi SEO dengan target keyword tertentu, maka saat Anda pasang iklan di
AdWords tak perlu khawatir hal itu akan merusak SEO Anda.
Banyaknya pencarian untuk kata
kunci yang dioptimasi SEO-nya melalui mesin pencarian (termasuk adwords), maka
kata kunci tersebut akan di input oleh sistem Google.
Hal inilah yang bisa
menguntungkan untuk SEO Anda.
4. Memperbesar omset penjualan
Dalam situs resminya Google
menyatakan bahwa :
“Manfaat AdWords terhadap
kenaikan omset sebuah produk bukanlah sebuah jaminan. Walaupun banyak yang
sudah berhasil menaikkan omset 10 – 50% bahkan ada yang mencapai 90%, namun
Adwords tetap tidak menjamin untuk kenaikan omset karena hasil dan manfaat dari
periklanan tergantung dari banyak faktor, seperti besarnya dana harian, kata
kunci tertarget, bidang bisnis, dll.
Keunggulan Google AdWords
Setiap program iklan tentu
memiliki nilai lebih di mata para pengguna yang pernah memanfaatkan jasanya.
Lalu apa saja kelebihan atau keunggulan AdWords? Nih, ada di bawah.
1. Ringan di kantong alias
murah banget
Disini Anda bebas menentukan
sistem perhitungan biayanya. Salah satunya adalah Pay Per Click (PPC) dimana
semua tergantung dengan budget yang Anda pilih dan miliki.
Biaya per klik nya Anda yang
punya kuasa. Tarif nya boleh mulai dari Rp. 1000 sampai dengan ratusan ribu
rupiah.
Itulah kenapa saya berani
mengatakan bahwa AdWords ramah buat kantong para pelaku bisnis skala kecil,
khususnya yang masih bimbang mencari pilihan iklan yang tepat.
Enaknya lagi, andai iklan Anda
yang muncul di halaman Google tidak ada yang klik, artinya Anda tak perlu
membayar sepeser pun.
2. Sasaran iklan dijamin
Google
Jika ingin blog atau website
Anda duduk manis di pageone sesuai kata kunci tertentu, silahkan promosikan
blog di AdWords.
Meski Anda seorang blogger
pemula yang nggak jago-jago amat soal SEO, melalui iklan lewat Google, blog
Anda akan dapat tempat istimewa di search engine.
Kemunculan iklan website kita
di halaman pertama mesin pencari Google sangat berpengaruh besar untuk di
kunjungi oleh pengunjung.
Untuk target iklan sebuah
produk, jika situs Anda berada di pageone maka produk berpeluang dikenal banyak
orang. Inilah jaminan Google dalam menargetkan produk Anda di mesin pencarinya.
Dengan sedikit investasi dana
pada Google Adwords, jaminan popularitas produk dan akurasi data akan diproses
lebih efektif dengan visitor yang tertarget.
3. Mudah digunakan
Proses pendaftaran hingga cara
membuat iklan bisa Anda lakukan sendiri dengan mudah tanpa pemahaman yang
rumit.
Tersedia fitur bantuan dan
panduan untuk mengelola iklan Anda. Walaupun Anda pemain baru di AdWords, saya
jamin Anda akan cepat paham dengan prosedur saat bergabung di program iklan
milik Google ini.
4. Laporan data yang akurat
Kinerja iklan Anda akan
dilaporkan secara akurat dan terjadwal. Dari sudut pandang bisnis, perhitungan
ini bisa diterapkan untuk menekan biaya pemasaran, meski masih banyak opsi yang
lain saat Anda pasang iklan di Google AdWords.
5. Tersedia banyak variasi
unit iklan
Banyak pilihan unit iklan
untuk calon pemasang iklan di Google AdWords. Anda bebas memilih unit iklan
yang cocok untuk dipakai mengoptimalkan produk dari website Anda. Pilih yang sesuai
dan serasi dengan produk atau jasa yang Anda promosikan.
Kekurangan Pasang Iklan di Google AdWords
Secanggih apapun produk yang
dirilis oleh Google, tentu ada kekurangan nya. Tak terkecuali AdWords. Berikut
kekurangan pasang iklan di Google AdWords.
1. Biaya Iklan Premium
Kategori iklan CPC di Adwords
memang gratis selama tidak ada klik dari iklan yang tampil. Biasanya ini jadi
pilihan favorit para pengiklan yang bermodal pas-pasan.
Namun bagi para perusahaan
dengan anggaran tinggi, iklan kategori premium jadi pilihan utama mereka. Dari
segi fitur, layanan, dan kualitas iklan yang muncul tentu jauh berbeda dengan
kategori CPC. Disinilah uang memegang kendalinya.
Meski umur website baru
seminggu, melalui iklan premium, Google akan menggandakan upaya mereka agar
website memiliki tingkat kunjungan dan konversi yang tinggi.
Seperti ada pemisah antara
“anak emas” dengan “anak bawang”.
2. Wajib punya kartu kredit /
Paypal
Dari segi pembayaran, ini bisa
merepotkan pemasang iklan yang tidak memiliki kartu kredit atau pun akun
PayPal.
Di AdWords, butuh alat
pembayaran atas iklan yang terpasang. Google tidak memberlakukan sistem
pembayaran via bank lokal apalagi transfer rekening.
Bagi pebisnis newbie, tentunya
akan terkendala masalah pembayaran jika beriklan di AdWords. Hal ini karena
rata-rata akun PayPal mereka belum terverifikasi meskipun ada dananya di situ.
3. Strategi bisa gagal akibat
biaya murah
Pasang iklan di AdWords memang
murah dengan visitor tertarget. Namun jangan salah, hal ini justru membuat
mereka asal pasang iklan tanpa strategi lanjutan.
Tingginya persaingan juga
berpengaruh pada biaya iklan. Makin banyak pesaing, biaya yang dibutuhkan pun
makin besar dibanding jika Anda bermain di level rendah kompetitor.
Nah, apakah Anda sudah
tertarik untuk pasang iklan di AdWords? Mantap kan pilihan Anda.
Kerugian Menggunakan Adwords
1. Biaya Iklan Premium
Kategori iklan CPC ( Cost Per
Click )di Adwords memang gratis selama tidak ada klik dari iklan yang tampil.
Biasanya ini jadi pilihan favorit para pengiklan yang bermodal pas-pasan.
Namun bagi para perusahaan
dengan anggaran tinggi, iklan kategori premium jadi pilihan utama mereka. Dari
segi fitur, layanan, dan kualitas iklan yang muncul tentu jauh berbeda dengan
kategori CPC. Disinilah uang memegang kendalinya.
Meski umur website baru
seminggu, melalui iklan premium, Google akan menggandakan upaya mereka agar
website memiliki tingkat kunjungan dan konversi yang tinggi.
Seperti ada pemisah antara
“anak emas” dengan “anak bawang”.
2. Wajib punya kartu kredit / Paypal
Dari segi pembayaran, ini bisa
merepotkan pemasang iklan yang tidak memiliki kartu kredit atau pun akun
PayPal. Walaupun sekarang sudah bisa menggunakan layanan Internet Banking atau
Transfer Bank, Namun membutuhkan waktu 5 – 10 hari untuk menunggu iklan Anda
berjalan.
Di AdWords, butuh alat
pembayaran atas iklan yang terpasang. Google sebelumnya tidak memberlakukan
sistem pembayaran via bank lokal tetapi sekarang transfer rekening sudah bisa
dilakukan namun membutuhkan waktu yang lama untuk memverifikasi pembayaran
iklan.
Bagi pebisnis newbie, tentunya
akan terkendala masalah pembayaran jika beriklan di AdWords. Hal ini karena
rata-rata akun PayPal mereka belum terverifikasi meskipun ada dananya di situ.
3. Strategi bisa gagal akibat
biaya murah
Pasang iklan di AdWords memang
murah dengan visitor tertarget. Namun jangan salah, hal ini justru membuat
mereka asal pasang iklan tanpa strategi lanjutan.
Tingginya persaingan juga
berpengaruh pada biaya iklan. Makin banyak pesaing, biaya yang dibutuhkan pun
makin besar dibanding jika Anda bermain di level rendah kompetitor.
Elemen SEO Yang Harus Dioptimalkan
On page SEO mungkin adalah
proses yang paling penting–tidak hanya untuk peringkat yang lebih baik, tetapi
juga untuk menyukseskan kampanye internet marketing.
Setiap kampanye dimulai dari
website. Jika website Anda tidak dioptimalkan–bagi mesin pencari dan
pengguna–peluang Anda untuk ditemukan itu tidak besar.
Search Engine Optimization
atau SEO adalah istilah yang merangkum semua hal yang perlu Anda lakukan untuk
meningkatkan posisi peringkat website Anda di berbagai mesin pencari atau
search engine.
Ini termasuk pengaturan
konfigurasi yang harus diterapkan pada website (on page SEO) dan teknik yang
dapat digunakan di luar batas-batas website (off page SEO).
Search Engine Optimization
Dalam ebook ini, akan
dijelaskan apa saja elemen SEO pendukung aktivitas on page SEO yang harus
dioptimalkan atau diketahui oleh semua orang yang berkecimpung di bisnis
online,terutama untuk Anda yang sedang belajar SEO. Berikut penjelasan nya.
1. Keterkaitan Nama Domain
Cara kerja search engine
pertama kali ketika dimasukkan keyword adalah menyesuaikan antara keyword
tersebut dengan nama domain dari sebuah website.
Jadi, pertimbangkan baik-baik
sebelum menentukan nama domain. Usahakan sebuah nama domain bisa mencakup isi
dari materi sebuah website.
2. Judul
Penggunaan dan penempatan
sebuah judul akan membantu sebuah website untuk dapat bertanding di urutan atas
search engine. Untuk itu, usahakan judul website atau judul artikel mempunyai
korelasi antara keyword dan deskripsi dari isi materi konten tersebut.
3. Struktur Permalink URL
Struktur permanent link atau
permalink dari URL sebuah website juga mempunyai peranan penting pada SEO.
Permalink termasuk salah satu elemen yang ditampilkan pada search result page
setelah judul.
Selain membuat SEO friendly,
permalink bisa menjelaskan apa isi konten, membuat admin website lebih mudah
dalam pengaturan, dan juga lebih memudahkan pengguna search engine untuk
mengingatnya.
Untuk itu, hindarilah
penggunaan permalink yang berisikan nomor atau kode yang tidak jelas.
4. Meta Description
Metadata mencakup semua
informasi pada sebuah data. Hal ini berlaku juga untuk website. Untuk
memasukkan metadata ke dalam website, Anda bisa menggunakan meta tag.
Metadata yang berguna untuk
mendukung SEO adalah meta description dan meta keyword. Meta description harus
diletakkan di sebuah website agar search engine mampu menemukan website Anda.
Meta description yang tepat
akan membawa website Anda ke urutan atas search engine. Selain itu, isi meta
description akan ditampilkan pada hasil pencarian search engine.
Oleh karenanya, jumlah
karakter pada meta description sebaiknya tidak perlu lebih dari 160 karakter.
Karena pada umumnya, hasil pencarian search engine hanya mampu menampilkan
tidak lebih dari 160 karakter saja.
5. Meta Keyword
Walaupun meta keyword tidak
lagi banyak dipergunakan search engine besar seperti Google dalam algoritma
proses pencarian, namun rasanya tetap bijak jika Anda tetap memasukkan meta
keyword sebagai elemen pendukung aktivitas on page SEO dan menggunakannya.
6. Keterkaitan Isi/Konten
Dalam konten sebuah website,
Anda bisa mencantumkan dan memberikan korelasi antara isi artikel dengan
keyword. Dengan korelasi yang baik, search engine akan semakin bersahabat
dengan website Anda, dan mampu membawa ke urutan pertama di hasil pencarian search
engine.
Jadi, usahakan agar selalu
konsisten dengan apa yang kita tulis dalam artikel dengan seluruh korelasi
keyword, judul, dan meta description dari website.
Ada beberapa hal yang harus
diperhatikan agar keyword pada isi/konten dapat mudah ditemukan oleh search
engine.
Sebelumnya keyword dapat
dimasukkan pada meta keyword, namun belakangan beberapa search engine hanya
menggunakan beberapa format text seperti headline, strong, dan italic text yang
merujuk keyword dalam isi/konten.
7. Sitemap
Sitemap bisa diumpamakan
sebagai sebuah peta dari seluruh isi website. Umumnya sitemap menampilkan
struktur seluruh laman di website Anda yang ditampilkan secara berurutan.
Dengan sitemap, pengguna
website dimudahkan dalam mencari laman yang diinginkannya, begitu pula dengan
search engine.
Namun, untuk memaksimalkan
search engine dalam menelusuri seluruh laman yang ada, pertimbangkan juga untuk
menggunakan XML Sitemap yang dapat dikirim ke Google Webmaster Tool.
8. Natural Listing
Natural listing adalah salah
satu elemen lain untuk memaksimalkan SEO dengan cara mendaftarkan ke laman
directory. Tidak harus banyak, cukup mendaftarkan ke beberapa search engine
yang memiliki tingkat popularitas tinggi dan sering dipakai oleh pengguna
internet, misalnya:
Google, daftar melalui
http://www.google.com/webmasters/tools/submit-url
Yahoo! dan Bing, daftarkan
melalui http://www.bing.com/toolbox/submit-site-url
9. Backlink
Backlink adalah link masuk
yang merujuk ke website atau suatu laman website dari suatu situs web lainnya.
Backlink dianggap sangat penting oleh search engine.
Semakin banyak jumlah backlink
yang merujuk ke website Anda semakin tinggi indikasi tingkat popularitas
website tersebut menurut search engine.
Yang perlu diingat adalah
backlink dari sebuah website dengan tingkat popularitas tinggi akan dinilai
puluhan kali lebih tinggi dibanding website pemula.
Riset Keywords agar artikel SEO
Cara Menentukan kata kunci
yang tepat untuk judul artikel
Tehnik Mengolah dan Menempatkan
Kata Kunci Pada Artikel merupakan rahasia sukses sebuah website atau blog agar
bisa masuk halaman pertama Google.
Cara Menempatkan kata kunci
(keyword) di artikel atau di postingan sangat berpengaruh terhadap hasil
pencarian di search engine (Google), selain judul artikel itu sendiri, ada hal
hal yang paling penting untuk diperhatikan, yaitu tatanan bahasa serta frase
kata yang menunjang.
Selama ini mungkin hal ini
banyak di abaikan oleh para penulis blog atau pembuat konten dalam website
terutama jika Anda membuat website melalui jasa pembuat website. Yaa biasanya
mereka tidak mengerti SEO, yaitu tehnik mengolah kata dari kata kunci utama.
Kita tahu bahwa google sudah mendukung bahasa Indonesia sepenuhnya, dan banyak
kata atau kalimat dalam bahasa kita mempunyai arti yang sama. Persamaan kata
itu bisa disebut dengan istilah sinonim.
Bagaimana Menempatkan kata
kunci persamaan kata
Tehnik memaksimalkan kata
kunci yang akan saya bahas ini mungkin berbeda dengan tehnik SEO pada umumnya,
bahkan mungkin tidak ada hubungannya dengan masalah SEO. Karena kita
memanfaatkan persamaan kata yang sering dituliskan atau diketikkan orang
sewaktu mencari sebuah artikel di kotak pencarian.
Saya berikan contoh seperti
dibawah ini.
Menempatkan = menaruh,
meletakkan, menetapkan, menerapkan.
Menghasilkan = mendapatkan,
memperoleh, mencari.
Hal ini berhubungan dengan
kata kunci yang sering diketikkan orang,
dalam praktek memberikan judul untuk artikel, kita pasti akan bingung
memilih mana yang akan kita gunakan.
Menempatkan kata kunci pada judul artikel.
Menaruh kata kunci pada judul artikel.
Meletakkan kata kunci pada judul artikel.
Menetapkan kata kunci pada judul artikel.
Menerapkan kata kunci pada judul artikel
Untuk contoh judul artikel
yang ke dua adalah
Menghasilkan uang melalui internet
Mendapatkan uang melalui internet
Memperoleh uang melalui internet
Mencari uang melalui internet
Baiklah, sekarang sudah
sedikit jelas jika melihat contoh di atas. Mesin pencari google akan memberikan
hasil yang lain jika kita mengetikkan kata yang berbeda, padahal kita tau bahwa
semua kata tersebut mempunyai arti yang sama.
Namun jika artikel anda
mempunyai semua kata tersebut, maka artikel anda berada tidak jauh dari hasil
pencarian.
Tehnik ini sangat bagus
diterapkan untuk blog baru, sebab kata kunci utama (short keyword) banyak
dikuasai oleh blog yang sudah berumur dan populer.
Tingkat relevansi artikel juga
sangat mempengaruhi, sebab mesin pencari akan mencocokkan kata kunci yang sesuai
ketika seseorang mengetikkan sesuatu di kotak pencarian (search engine)
Penunjang kata kunci utama
Persamaan kata tersebut masih
menunjang dalam kata kunci utama, memang tidak semua artikel menggunakan
persamaan kata ini, ada istilahnya kata baku. Artinya kata tersebut menjadi
kata yang tidak di sinonimkan.
Walaupun mempunyai arti sama
seperti kata uang, adalah kata baku nya. Meskipun sering di istilahkan dengan
kata duit, fulus, kocek dan lain sebagainya.
Hal ini lebih berpeluang untuk
ditemukan di mesin pencari dari pada mengulang ulang kata kunci pada setiap
paragraf kalimat. Menegaskan dan membuat jelas kalimat tersebut dengan
pengulangan yang melebihi batas justru akan dianggap SPAM oleh google.
Dan jika sudah begitu artikel
anda akan perlahan lahan turun dari SERP (search engine result page), karena
pada dasarnya google tidak menyukai spammer.
Menentukan kata kunci penunjang pada artikel
Betul sekali, frase kata
tersebut adalah kata kunci penunjang untuk kata kunci utama. Kita bisa
mengaturnya pada bagian artikel pada postingan blog, agar terbaca pada mesin
pencari.
Kita bisa menetapkan dan
memilih kata mana yang paling tepat buat judul postingan.
Untuk hasil pencarian yang
lebih maksimal, lagi – lagi kita harus berurusan dengan riset kata kunci. Tujuannya adalah mencari persaingan yang lebih
sedikit dengan jumlah pencarian yang tinggi.
Buka Google Keyword Planner ,
pilih kata kunci mana yang jumlah persainganya sedikit.
Alternatif lain gunakan Google Search Auto Suggestion,
fasilitas dari google ini memunculkan saran secara otomatis dibelakang kata
kunci yang diketikkan dikotak pencarian serch engine google. Anda bisa memilih
salah satunya.
Kata kunci ini dikumpulkan dan
diakumulasi oleh google sebagai hasil yang paling banyak (populer) diketikkan
oleh orang di hasil pencarian google.
Penempatan kata kunci
penunjang pada artikel
Perhatikan contoh gambar
dibawah ini.
menempatkan kata kunci
Saya membuat artikel dengan
judul seperti diatas, dengan prioritas kata kunci manfaat fetch as google.
Ketika orang lain mengetikkan Fungsi fetc as google, artikel ini masih
menempati urutan yang tak jauh dari judul atau kata kunci utama. Nah ini yang
disebut penunjang kata kunci utama.
Hal yang harus diperhatikan
Menempatkan kata kunci yang
paling bagus adalah pada 100 kata/ kalimat pada paragraf pertama, jadi sewaktu
anda menuliskan pembuka untuk posting itu lho. Untuk selanjutnya bisa diperkuat
pada paragraf ke dua, ketiga dan seterusnya. Untuk pengulangan kata kunci
sebaiknya paling banyak adalah 3 kali, jika artikel anda tidak ingin dianggap SPAM
oleh mesin pencari seperti Google.
Menempatkan kata kunci
penunjang bisa juga diterapkan untuk internal link dan sebagai anchor teks
dalam sebuah kalimat. Selain bagus untuk SEO on page, tehnik ini mampu menguatkan
SERP pada hasil pencarian. Kata kunci penunjang juga perlu ditempatkan pada
akhiran posting, untuk menambah kekuatan dalam hasil pencarian.
Baiklah, ini hanya sebagai
pengalaman saja dan memang tidak bisa dipungkiri bahwa pengunjung bebas
mengetikkan apa saja yang mereka kehendaki, walaupun kata atau kalimat itu
berbeda namun mempunyai arti yang sama.
LSI Keywords
Apa itu LSI Keywords? Dalam
dunia SEO kita mengenal banyak sekali istilah yang mungkin asing di telinga
kita, terutama untuk para praktisi SEO pemula.
Misal jika kita sering
mengunjungi situs Belajar SEO Expert seperti searchengineland & moz maka
bisa dipastikan kita akan melihat istilah SEO asing seperti Link Juice, Keyword
Density, Anchor Text, PA / DA, LSI dan masih banyak lagi lainnya.
Apa itu lsi keywords ?
Latent Semantic Indexing (LSI)Keywords
adalah Relevensi kata kunci yang ada pada suatu keyword, mudahnya saat Anda
mengetikkan kata SEO di Google maka akan
muncul LSI Keywords dibagian akhir halaman atau tepatnya berada di atas
pagination halaman Google.
Pengertian, definisi dan fungsi lsi keywords
Apa sebenarnya pengertian,
definisi dan fungsi dari LSI Keywords ini ? LSI Keywords akan membantu blog
Anda terhindar dari penalti Google seperti Keyword Stuffing, karena dengan
memanfaatkan LSI Keywords maka kita tidak perlu lagi menulis keyword yang sama
secara berulang-ulang.
Cara mencari / menemukan / mendapatkan lsi keywords
Ada banyak cara yang bisa
digunakan untuk mendapatkan LSI Keywords, seperti yang sudah saya singgung
diatas, kita bisa menggunakan Google Search Engine atau Tool Keyword Research
yang lain. Dan disini akan saya contohkan bagaimana cara mencari LSI Keywords
yang baik dan benar hanya dengan Google saja.
Google LSI Keywords
Study Case saya diatas adalah
dengan mengetikkan kata kunci On Page, dan bisa kita lihat ada 8 Keyword yang
muncul di bagian bawah halaman Google, dan kedelapan keyword itulah yang
dinamakan dengan LSI Keywords.
Cara SEO lain untuk menemukan
LSI Keywords adalah menggunakan Tools SEO Generator, atau lebih sering disebut
sebagai LSI Keywords Generator. Penjelasan mengenai tools apa saja yang bisa
gunakan menggenerate LSI Keywords akan saya bahas lebih dalam dibawah.
Cara menggunakan lsi keywords
Secara garis besar ada dua
cara yang bisa gunakan dalam menerapkan LSI Keywords, cara yang pertama adalah
melalui On Page SEO dan cara yang kedua adalah dengan Off Page SEO.
Lsi keyword on-page seo
Anda bisa menerapkan pada
bagian Judul Artikel
Menyisipkan pada Meta
Description dan Meta Tag
Menuliskan di bagian awal,
tengah dan akhir Artikel
Untuk Internal Link
(interlinking)
Lsi keyword off-page seo
Menggunakannya sebagai Anchor
Text saat mencari Backlink
Memperkaya relevansi content
pada halaman yang memberikan Backlink
Backlink akan terlihat lebih
natural
Selain untuk keperluan On-Page
dan Off-Page SEO, LSI Keywords juga bisa Anda manfaatkan untuk mencari ide
dalam menulis artikel.
Google Keyword Planner
Goolge Keywords Planner juga
merupakan salah satu Tools LSI Keywords yang cukup ampuh, karena selain
menyajikan data mengenai kata kunci terkait, juga memeberikan informasi seputar
jumlah pencari kata kunci tersebut, untuk yang ingin belajar menggunakan tool
Keywords Planner, Anda bisa membacanay disini Cara Riset Kata Kunci Dengan
Google Adwords Keyword Planner.
Intinya dengan menggunakan
atau memanfaatkan LSI Keywords, maka akan ada banyak sekali manfaat,
diantaranya adalah seperti yang sudah saya sebutkan diatas, tetapi satu hal
yang menurut saya paling penting, yaitu untuk membantu kita dalam Mendatangkan
Organic Traffic, karena dengan LSI Keywords, maka artikel yang kita buat akan
menjadi 'kaya', kaya dalam hal keyword, jadi peluang untuk mendapatkan Taffic
dari Google akan jauh lebih besar.
Sementara sampai disini dulu
penjelasan saya mengenai LSI Keywords, dan mohon maaf jika ada penjelasan saya
yang salah, karena niat saya disini hanyalah untuk berbagai kepada teman-teman
Blogger yang ingin Belajar SEO lebih dalam.
Memahami Hukum-hukum Google
Pada dasarnya secara tersirat
hukum-hukum Google sudah ada pada aturan emas secara tertulis hukum-hukum
disusun untuk membuat pembatasan terhadap konten lembaga atau orang yang
berhubungan dengan Google berikut hukum-hukum yang dimaksud
1. Akses terhadap informasi
adalah prioritas
Kebebasan berekspresi dan
mendapatkan informasi adalah hak semua orang dengan demikian kejelasan dan
kebenaran informasi harus dipertahankan Oleh sebab itu Google berupaya untuk
mencegah segala aktivitas baik semua lawer aktivitas yang melanggar hukum dalam
kurung etika dan hukum yang berlaku pada suatu negara serta aksi-aksi pencurian
identitas atau identitas
2. Algoritma dan tindakan
manual diberlakukan
Dengan algoritma yang
dijalankan tanpa henti maka relevansi serta kelengkapan informasi dapat dicapai
dari proses pencarian triliunan halaman web namun pada kasus-kasus tertentu
kontrol secara manual diberlakukan jika masih jika mesin pencari tidak
memberikan solusi optimal.
3. Daftar pengacara daftar
pengecualian sebagai kasus khusus
Adakalanya algoritma Google
salah dalam mengidentifikasi kelayakan website misalnya algoritma search yang
dirancang melindungi anak dari konten dewasa website perihal pendidikan seks
bila disalah artikan sebagai konten dewasa Oleh karena itu justifikasi manual
dilakukan sehingga konten demikian tidak dikategorikan sebagai konten dewasa.
4. Memangkas spam dan malware
Google akan segera
menyingkirkan konten yang tidak relevan atau spam phising dan program perusak
atau Malware dari daftar hasil pencarian
Lima panduan yang adil untuk
Webmaster panduan diberikan untuk menjalin kerjasama menguntungkan antara
Google dan b Master jadi konten dapat terindeks dengan benar dan Google mampu
menyajikan informasi yang relevan jika didapati kendala Webmaster dapat membuat
kenyataan supaya Google menjauh ulang keberadaan website
5. Memangkas hasil pencarian
atas dasar hukum
Google dapat menghapus konten
dari hasil penelusuran karena alasan hukum biasanya penghapusan dilakukan
setelah Menindaklanjuti kebenaran pengaduan pihak lain terkait pelanggaran hak
cipta aturan suatu negara konten ilegal atau penghinaan agama Google Tidak
sembarangan menghapus hasil pencarian berbagai pertimbangan serta kelengkapan
dokumen diperlukan untuk mencabut informasi dari indeks pencarian contoh
pelaporan di Denmark ditanggapi Google sebagai berikut kami menerima permintaan
dari penegak hukum lokal untuk menghapus 2 video YouTube karena mengkritik duta
besar asing dasar hukum untuk penghapusan tidak diberikan kami tidak menghapus
video tersebut.
Proses pengaduan serta
pemangkasan informasi dapat pencarian pada pencarian didokumentasikan secara
transparan siapa saja dapat melihat proses aduan setelah tindak lanjut Google.
6. Mencegah aksi pencurian
identitas.
Google dapat menghapus Informasi pribadi dari hasil pencarian jika
disinyalir berdampak pada pencurian identitas atau penipuan keuangan misalnya
informasi nomor rekening bank nomor kartu kredit dan image tanda tangan.
8. Mengurangi eksploitasi anak
Google akan memblokir semua pencarian yang mengarah pada pelecehan seksual dan
eksploitasi anak-anak.
7. Pembatasan terhadap konten
yang memberikan Efek kejut.
Konten yang menyinggung
melecehkan bahkan menjijikan dalam Tara tertentu akan diminimalisir
keberadaannya Dengan mempersempit modus pencarian meski pada dasarnya informasi
demikian mungkin dibutuhkan pengguna lain misalnya content dokumentasi aksi
anarkis berdarah yang akan memberikan rasa nyeri atau efek kejut bagi yang
melihatnya
8. Kebebasan memilih informasi
Pengguna dapat mengaktifkan
fitur safe search yang akan memblokir konten dewasa dari hasil pencarian.
Nah itulah panduan Belajar SEO lengkap untuk pemula semoga Anda dapat memahaminya dan bisa mengaplikasikan dalam blog atau website yang akan Anda buat. Terimakasih jangan lupa jika Anda ingin belajar seo lebih lanjut silahkan kunjungi www.mahirseo.net
Sumber : Berbagai sumber di internet
Comments
Post a Comment
Silahkan berkomentar dengan bahasa yang sopan dan juga relevan dengan tema artikel yang ditulis. Tidak diperkenankan untuk spaming. Terimakasih.