Bloggues.com, Strategi cara menentukan target pasar untuk
jualan online - Dalam menjalankan bisnis terutama bisnis online Hal
terpenting yang perlu dilakukan terutama bagi Anda yang baru memulai Bisnis
Online adalah saat menentukan target pasar. Target pasar adalah membuat segmentasi pasar.
Strategi Cara Menentukan Target Pasar Untuk Jualan Online |
Dalam pengertian sederhana, segmentasi pasar dapat diartikan
sebagai pengelompokkan tertentu pelanggan potensial Anda berdasarkan kemiripan
tertentu. Strategi Cara praktis menentukan target pasar adalah dengan memilih
segmentasi pasar yang tepat. Berikut ini adalah langkah-langkah praktis yang
bisa Anda praktekkan dalam menentukan target pasar sebelum Anda terjun dalam
bisnis online maupun bisnis offline.
Lokasi Target Pasar Anda
Tentukan lokasi target pasar Anda yang Pertama adalah
tentang geografis. Tentukanlah lokasi dimana saja yang akan Anda Jangkau dalam
menjalankan bisnis Anda. Ada begitu banyak cara
untuk menentukan lokasi yang akan menjadi target pasar. Misalnya berdasarkan kota, kabupaten, provinsi, atau
bisa juga berdasarkan radius. Jangan mendefinisikan target lokasi terlalu umum
atau luas.
Kesalahan ini biasanya terjadi pada toko online yang hanya
menyebutkan “Seluruh Indonesia” sebagai target pasarnya. Pemilihan lokasi
target pasar tidak sama dengan lokasi mana yang dijangkau oleh kurir pengiriman
barang Anda. Jika toko online Anda memang melayani pengiriman barang ke seluruh
Indonesia, minimal buatlah prioritas lokasi yang Anda bidik. Membuat prioritas
lokasi akan memudahkan Anda dalam membuat strategi pemasaran produk.
Tentukan Karakteristik Demografi Pelanggan Anda
Setelah faktor geografi selanjutnya adalah demografi.
Kelompokan pelanggan potensial Anda berdasarkan jenis kelamin, usia, agama,
pendidikan, pekerjaan, penghasilan, dan faktor demografi lainnya. Anda tidak
perlu menggunakan semua contoh di atas, yang penting sudah mendefiniskan siapa
pelanggan potensial Anda.
Cari Tahu Bagaimana Psikologis Pelanggan Anda
Segmentasi pasar berdasarkan faktor psikologis atau
psikografis ini adalah segmentasi yang paling banyak ragamnya. Kepribadian,
kebiasaan, sikap, dan cara pengambilan keputusan adalah beberapa faktor
psikografis yang bisa menjadi segmentasi pasar tersendiri. Menargetkan
anak-anak “alay” misalnya, itu adalah contoh segmentasi psikografis.
Contoh Target Pasar
Anda sudah mengetahui 3 cara praktis menentukan target
pasar, sekarang mari kita lihat contoh penggunaanya berikut ini. Misalkan Anda
memiliki bisnis di bidang fashion untuk anak-anak, maka inilah contoh target
pasar Anda.
Produk yang Dijual:
Pakaian Anak-anak, dijual secara online
Target Lokasi:
Kota-kota besar seperti Jakarta, Bandung, Surabaya, dan kota
lain yang dapat dijangkau oleh kurir pengiriman barang maksimal dalam 3 hari.
Target Demografi Pelanggan:
Perempuan yang telah menikah dan memiliki anak kecil dengan
usia antara 25 – 40 Tahun. Memiliki penghasilan keluarga di atas 3 Juta per
bulan.
Karakteristik Psikologis Pelanggan:
Terbiasa menggunakan komputer, email, internet, dan social
media. Mengikuti trend fashion anak. Hobi membaca majalah kesehatan anak.
Sekarang cobalah untuk membuat target pasar untuk bisnis
Anda. Dengan menentukannya, Anda akan lebih mudah saat menentukan strategi
pemasaran dan memilih media promosi online yang tepat. Itulah artikel yang
menjelaskan tentang Strategi
cara menentukan target pasar untuk jualan online semoga bermanfaat untuk
Anda.
Sumber Artikel : http://blog.idkeyword.com
Diedit seperlunya oleh : Admin
Comments
Post a Comment
Silahkan berkomentar dengan bahasa yang sopan dan juga relevan dengan tema artikel yang ditulis. Tidak diperkenankan untuk spaming. Terimakasih.