Kualifikasi Piala Asia U-23 2020: Jadwal Timnas Indonesia

Setelah sukses menjuarai Piala AFF U-22 2019, timnas Indonesia U-22langsung dihadapkan pada target berikut yang tak kalah berat: lolos ke Piala Asia U-23 2020 yang akan digelar di Thailand pada Januari tahun depan.
Kualifikasi Piala Asia U-23 2020: Jadwal Timnas Indonesia

Namun, untuk lolos ke turnamen tersebut, Indra Sjafri dan pasukannya harus melalui babak kualifikasi Piala Asia U-23 2020, yang bakal diselenggarakan pada 22 hingga 26 Maret mendatang.Thailand bakal menjadi tuan rumah dari Piala Asia U-23 2020, yang juga menjadi jalan kualifikasi ke Olimpiade.

Dalam kualifikasi ini, Indonesia terundi di Grup K dengan tim-tim kuat Asia Tenggara, yakni Thailand, Vietnam, dan Brunei Darussalam.
Vietnam punya keuntungan tersendiri lantaran bertindak sebagai tuan rumah di seluruh laga Grup K. Tak hanya itu, Vietnam juga merupakan finalis Piala Asia U-23 2018 di mana mereka kalah dari Uzbekistan di final.
Adapun Thailand layak disebut sebagai penggembira karena mereka sudah pasti lolos karena merupakan tuan rumah Piala Asia U-23 2020. Sedangkan Brunei menyimpan kejutan yang bisa membuat situasi grup ini makin rumit.
Meski demikian, Indonesia tak perlu berkecil hati. Osvaldo Haay dkk. punya modal pengalaman bertemu Vietnam dan Thailand ketika menjuarai Piala AFF U-22 di Kamboja beberapa waktu lalu.
Dari 44 tim yang ambil bagian pada kualifikasi ini, terbagi dari zona barat dan zona timur, hanya akan ada 16 tim yang melaju ke putaran final. Posisi satu dari tiap grup kualifikasi akan melaju.
Selain itu, akan ada empat atau lima runner-up terbaik dari 11 tim runner-up fase kualifikasi yang akan lolos, tergantung apakah Thailand masuk dalam dua posisi teratas atau tidak di Grup K.
Piala Asia U-23 2020 juga bakal menjadi jalan ke Olimpiade 2020 yang akan diselenggarakan di Jepang. Tiga teratas dari Piala Asia U-23 2019 berhak melaju ke Olimpiade.

Source : Goal

Comments