Panduan lengkap cara buat blog dengan blogspot

Bloggues.com. Anda belum punya blog sedang mencari panduan lengkap cara buat blog menggunakan blogspot? Dalam artikel ini saya akan jelaskan tahap demi tahap cara membuat blog untuk kamu yang masih pemula.


Panduan lengkap cara buat blog dengan blogspot
Panduan lengkap cara buat blog dengan blogspot


Cara Membuat Blog Menggunakan Blogspot

Sebelum saya jelaskan panduan lengkap cara membuat blog dengan blogspot berikut saya jelaskan manfaat membuat blog dengan blogspot. Keuntungan menggunakan blogspot adalah :

Blogspot pemiliknya adalah Google, Jadi blogspot terintegrasi dengan mudah ke Google Analytics, PicasaWeb dan Feed burner. Selain itu Blogspot juga:

Gratis. Orang pasti suka dengan semua yang gratis. Tidak dibutuhkan domain, hosting atau hal semacamnya. Kecuali jika Anda ingin menggunakan domain khusus seperti dot com, dot net, dot co dot id dll.

Anda akan memperoleh semua pengalaman blogging secara gratis. Dan bila blog Anda gagal, Anda tidak akan menanggung kerugian.

Lebih mudah. Ini sudah pasti, sudah sekian lama ada banyak diskusi tentang platform blogging mana yang lebih mudah digunakan. Semuanya mengatakan kalau Blogspot lebih mudah dibanding WordPress.

Google, nama paling terkenal di dunia internet. Google menjadi mesin pencari terbaik di internet. Ketika Google beriringan dengan Blogspot, tentu ini menjadi nilai yang besar bagi Blogspot.

Wizard yang mudah digunakan. Anda bisa mulai menjalankan blog dalam waktu kurang dari 5 menit.

Software dengan tabs dan tombol yang mudah dinavigasi.

Pilihan untuk menggunakan nama domain sendiri seperti www.bloggues.com

Oke itulah manfaat dan keuntungan jika Anda membuat Blog menggunakan Blogspot. Bagaimana cara membuat blogspot yang mudah praktis terutama untuk pemula?

Langsung saja ya berikut Panduan terlengkap cara membuat blogspot untuk pemula.

Step by step Cara Membuat Blogspot Bagi Pemula

  1. Buat akun google atau Gmail, Panduanya ada disini Video tutorial cara buat gmail 
  2. Jika sudah punya akun google atau gmail silahkan buka www.blogger.com, kemudian klik login
  3. Silahkan masukan username dan pasword yang Anda gunakan untuk masuk ke email google atau gmail.
  4. Oya info untuk Anda yang masih awam, Bahwa satu akun google itu bisa digunakan untuk semua produk google. Seperti Youtube, Blogger, Google Chrome, Google Adsense, Google Adwords, Google Docs, Google Earth, Google Maps, Google Play, dll.
  5. Setelah berhasil LOGIN maka disitu Anda diminta untuk membuat akun Google+ dan profil blogger terbatas silahkan Anda ikuti saja panduannya. Apa itu Profil Google Terbatas? Profil ini bisa Anda pilih jika Anda tidak ingin identitas Anda sebagai admin blog diketahui, atau jika Anda ingin menggunakan nama samaran. Sedangkan Pilihan Google + jika Anda bagikan tulisan Anda akan muncul nama profil Anda artinya identatitas Anda sebagai Admin blog akan terlihat. Silahkan Anda pilih sesuai keinginan Anda.
Perhatikan Gambar dibawah ini :

1. Silahkan Masukan email Google Anda disini, Ingat jangan salah yaa...email google yaitu GMAIL bukan yang lain.

Panduan lengkap cara buat blog dengan blogspot

2. Masukan Kata Sandi GMAIL Anda disini

Panduan lengkap cara buat blog dengan blogspot

3. Buat Judul Blog Anda. Misalnya : Jasa SEO Murah, Jasa SEO Bergaransi, Jasa buat website cepat mudah dan murah. Alamat Blog silahkan Anda isi sesuai keinginan Anda. Misalnya : jasaseo212.blogspot.com, jika tidak bisa berarti sudah ada yang memiliki, Anda tambahkan dengan angka di belakangnya atau ganti menggunakan nama lain.

Panduan lengkap cara buat blog dengan blogspot

4. Jika berhasil maka tulisan nya akan seperti gambar dibawah ini"Alamat blog ini tersedia''

Panduan lengkap cara buat blog dengan blogspot

5. Ini adalah tampilan dasboard Blogspot Anda. Silahkan amati gambar ini karena disini sudah ada keterangannya. Dibaca dan dipahami lalu coba praktekan.


6. Buat artikel pertama Anda disini, Silahkan Anda amati Gambar dibawah ini. Jika sudah silahkan publikasikan. Klik tombol lihat blog untuk melihat tulisan yang sudah Anda publikasikan.

Panduan lengkap cara buat blog dengan blogspot

7. Sampai disini proses membuat artikel sudah selesai. Anda tinggal mengulang cara yang sama untuk membuat artikel baru. Anda klik di NEW Entri atau ENTRI BARU. Untuk merubah tulisan yang sudah diposting tinggal klik edit.

Panduan lengkap cara buat blog dengan blogspot

8. Selamat Mencoba, semoga sukses untuk Anda.

Demikian Panduan lengkap cara buat blog dengan blogspot untuk bagian pertama pada artikel berikutnya saya akan bahas tentang Bagaimana Cara Mendaftarkan blog ke Webmaster Tools agar bisa terindexs Google. Terimakasih

Comments